PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL ICARE BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENANAMKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK


Faozah Nurul Fitriyani, 4001416015 (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL ICARE BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENANAMKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL ICARE BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENANAMKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK] PDF (PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL ICARE BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENANAMKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK) - Published Version
Download (3MB)

Abstract

Proses pembelajaran IPA di SMP masih ditemukan kendala dalam proses pembelajaran khususnya tingkat motivasi belajar belum optimal sehingga mempengaruhi keterampilan proses sains peserta didik yang menunjukkan 74% mendapatkan hasil ulangan belum mencapai KKM pada materi cahaya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik perangkat pembelajaran, menilai tingkat kelayakan serta keterbacaan perangkat pembelajaran model ICARE berbantuan google classroom untuk menanamkan motivasi belajar dan keterampilan proses sains peserta didik. Desain Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan model ADDIE (Analisys, Design, Develop, Implementation, Evaluation) digunakan dalam penelitian ini. Data penelitian diperoleh menggunakan instrumen angket validasi oleh lima validator ahli. Hasil uji kelayakan yang diperoleh adalah: perangkat pembelajaran silabus menunjukkan persentase pada aspek penyajian 94,50% dan aspek materi 89,16%, perangkat pembelajaran RPP menunjukkan persentase pada aspek penyajian 95,00% dan aspek materi 93,00%, perangkat pembelajaran LKPD menunjukkan persentase pada aspek penyajian 96,25% dan aspek materi 88,33%, perangkat pembelajaran angket motivasi belajar menunjukkan persentase 89,33%, dan perangkat pembelajaran soal menunjukkan persentase pada aspek penyajian 93,33% dan aspek materi 83,33%. Disimpulkan bahwa produk perangkat pembelajaran model ICARE berbantuan google classroom telah memenuhi karakteristik perangkat pembelajaran yang baik, sangat layak serta kategori keterbacaan perangkat sangat baik untuk menanamkan motivasi belajar dan keterampilan proses sains peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model ICARE, Google Classroom, Motivasi Belajar dan Keterampilan Proses Sains.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 22 Jul 2022 04:14
Last Modified: 22 Jul 2022 04:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50536

Actions (login required)

View Item View Item