Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Trigonometri Dan Tanggung Jawab Siswa Kelas XISman 12 Semarang Melalui Model Discovery LearningDengan Metode Tapps


Ary Woro Kurniasih, - (2019) Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Trigonometri Dan Tanggung Jawab Siswa Kelas XISman 12 Semarang Melalui Model Discovery LearningDengan Metode Tapps. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2. ISSN 2613-9189

[thumbnail of Artikel] PDF (Artikel) - Published Version
Download (867kB)

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu tujuan utama dalam pembelajaran matematika. Hal ini karena melalui komunikasi matematis siswa dapat mengorganisasikan berpikir matematisnya baik secara lisan maupun tulisan. Selain itu, tingkat tanggung siswa diperlukan untuk menunjang tercapainya tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan komunikasi matematis trigonometri dan tanggung Jawab siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 12 Semarang tahun pelajaran 2018/2019 melalui model DiscoveryLearningdengan metode TAPPS. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Data kemampuan komunikasi matematis siswa diperoleh melalui tes evaluasi pada akhir tiap siklus dan data tanggung jawab siswa diperoleh melalui angket. Berdasarkan analisis hasil evaluasi siswa, persentase ketuntasan klasikal siswa pada siklus I dan II berturut-turut adalah 72% dan 78%. Terlihat bahwa terdapat peningkatan persentase ketuntasan klasikal dari siklus I ke siklus II yang menandakan kemampuan komunikasi matematis siswa meningkat. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh tanggung jawab siswa pada siklus I berkategori sedang dan pada siklus II berkategori tinggi. Terdapat peningkatan kategori tanggung jawab siswa dari tiap siklus. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I dan II, dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learningdengan metode TAPPS dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan tanggung jawab siswa

Item Type: Article
Subjects: L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 03 Aug 2022 02:30
Last Modified: 03 Aug 2022 02:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50280

Actions (login required)

View Item View Item