Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dengan ModelSelf-Regulated LearningMenggunakan Asesmen Kinerja Ditinjau dari Metakognisi
Ary Woro Kurniasih, - (2018) Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dengan ModelSelf-Regulated LearningMenggunakan Asesmen Kinerja Ditinjau dari Metakognisi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1. ISSN 2613-9189
PDF (Artikel)
- Published Version
Download (792kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah pembelajaran dengan model SRL dan asesmen kinerja mencapai ketuntasan belajar, menguji apakah kemampuan penalaran matematis siswa dengan model SRL dan asesmen kinerja lebih tinggidari model SRL, dan mengetahuideskripsi kemampuan penalaran matematis siswa dengan model SRL dan asesmen kinerja ditinjau dari metakognisi. Penelitian ini adalah penelitian mixed methodsmodel concurrent embedded design. Populasipenelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs N Pecangaan, Jepara tahun pelajaran 2016/2017, sampel siswa kelas VIII-G dan VIII-I, serta subjek wawancara siswa kelas VIII-G yang memiliki tingkat metakognisi rendah, sedang, dan tinggi. Data kuantitatif dianalisis menggunakan uji proporsi dan uji perbedaan dua rata-rata, sedangkan data kualitatif dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman. Wawancara terdiri atas dua subjek pada masing-masing tingkat metakognisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pembelajaran dengan model SRL dan asesmen kinerja mencapai ketuntasan belajar, kemampuan penalaran matematis siswa dengan model SRL dan asesmen kinerja lebih+ tinggi dari model SRL, dan deskripsi kemampuan penalaran matematis siswa dengan model SRL dan asesmen kinerja ditinjau dari metakognisi yaitu semakin tinggi tingkat metakognisi, subjek mampu melakukan subkriteria pada kriteria kemampuan penalaran matematis
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Penalaran Matematis, Self-Regulated Learning (SRL), Metakognisi |
Subjects: | L Education > Special Education > Mathematics Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 03 Aug 2022 02:30 |
Last Modified: | 03 Aug 2022 02:30 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/50276 |
Actions (login required)
View Item |