Desain Komik Berbasis Prolem Based Learning Bermuatan Konservasi Untuk Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Karakter Peduli Lingkungan


Nurlailatin Ni’mah, - and Tri Suminar, FIP Pendidikan Luar Sekolah and Sarwi, - (2021) Desain Komik Berbasis Prolem Based Learning Bermuatan Konservasi Untuk Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Karakter Peduli Lingkungan. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidika, 5 (3). ISSN 2597-4424

[thumbnail of Desain Komik Berbasis Prolem Based Learning Bermuatan Konservasi Untuk Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Karakter Peduli Lingkungan.pdf] PDF - Published Version
Download (333kB)
[thumbnail of Review Desain Komik Berbasis Prolem Based Learning Bermuatan Konservasi Untuk Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Karakter Peduli Lingkungan.pdf] PDF - Published Version
Download (453kB)

Abstract

penelitian ni bertujuan untuk: 1) mendiskripsikan dan menganalisis bahan ajar dan model pembelajaran untuk peningkatan keterampilan berpikir kritis dan karakter peduli lingkungan yang dilakukan guru, 2) menguji kevalidan desain bahan ajar Komik berbasis PBL bermuatan Konservasi yang dikembangkan, 3) menguji keefektifan bahan ajar Komik berbasis PBL bermuatan Konservasi untuk peningkatan keterampilan berpikir kritis dan karakter peduli lingkungan peserta didik dan 4) menguji keefektifan bahan ajar Komik berbasis PBL bermuatan Konservasi untuk peningkatan karakter peduli lingkungan peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Prosedur penelitian pengembangan terdiri dari dua tujuan utama, yaitu: (1) mengembangkan produk, dan (2) menguji keefektifan produk dalam mencapai tujuan. Hasil penelitian bahan ajar dan model pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan karakter peduli lingkungan peserta didik yang dilakukan guru. Desain bahan ajar Komik berbasis Problem Based Learning bermuatan Konservasi yang dikembangkan adalah bahan ajar yang sangat layak dan valid. Bahan ajar Komik berbasis Problem Based Learning bermuatan Konservasi untuk peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik merupakan bahan ajar yang efektif. Bahan ajar Komik berbasis Problem Based Learning bermuatan Konservasi untuk peningkatan karakter peduli lingkungan peserta didik merupakan bahan ajar yang efektif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Komik, PBL, Berpikir Kritis, Peduli Lingkungan
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 27 Jun 2022 01:19
Last Modified: 27 Jun 2022 01:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49936

Actions (login required)

View Item View Item