Strategi Scaffolding Berdasarkan Struktur Kognitif Mahasiswa pada Kemampuan Penalaran Aljabar


Mochamad Abdul Basir, 0401615002 (2022) Strategi Scaffolding Berdasarkan Struktur Kognitif Mahasiswa pada Kemampuan Penalaran Aljabar. Doctoral thesis, UNNES.

[thumbnail of 0401615002 - mochamad abdul basir.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) struktur kognitif penalaran aljabar mahasiswa ditinjau dari kemampuan awal matematis, (2) menemukan teori karakteristik dialog scaffolding berdasarkan struktur kognitif mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan penalaran aljabar, dan (3) menguji keefektifan dari penerapan dialog scaffolding terhadap kemampuan penalaran aljabar. Indikator kemampuan penalaran aljabar Meaningful use of symbols, connecting algebra with geometry, linking expressions and functions, mindful manipulation, dan reasoned solving. Penelitian dirancang menggunakan mixed method dengan desain concurrent embedded. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester 4 Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Islam Sultan Agung Tahun Akademik 2020/2021 yang melakukan penalaran aljabar dalam menyelesaikan masalah matriks. Instrumen dalam penelitian terdiri atas pretest dan postest kemampuan penalaran aljabar, lembar wawancara, lembar observasi dialog scaffolding, dan angket minat belajar. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model interaktif, model Grounded Theory, dan uji keefektifan melalui uji ketuntasan individual, uji ketuntasan klasikal, serta uji peningkatan kemampuan penalaran aljabar sebelum dan sesudah perlakuan menggunakan dialog scaffolding. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa dengan kategori atas mempunyai struktur kognitif logical reasoning, mahasiswa dengan kategori tengah mempunyai struktur kognitif symbolic representations, dan mahasiswa dengan kategori bawah mempunyai struktur kognitif comparative thinking. Berdasarkan pemberian bantuan dialog scaffolding diperoleh hasil (1) mahasiswa Comparative Thinking melalui Instructing, Locating, Identifying, Modelling, Advocating, Explaining, Reformulating, Challenging, dan Evaluating (ILIMAERCE); (2) mahasiswa Symbolic Representations melalui Locating, Identifying, Modelling, Explaining, Challenging, dan Evaluating (LIMECE); (3) mahasiswa Logical Reasoning melalui Modelling, Explaining, Challenging, dan Evaluating (MECE). Pembelajaran dengan strategi dialog scaffolding efektif dalam meningkatkan kemampuan penalaran aljabar mahasiswa. Hal ini ditunjukkan dengan proporsi mahasiswa yang mencapai KKM pada kemampuan penalaran aljabar melebihi 75% dan terdapat peningkatan kemampuan penalaran aljabar (KPA) yang diberi dialog scaffolding. Penulis memberikan saran untuk penelitian selanjutnya dalam menganalisis hasil struktur kognitif mahasiswa setelah dilakukan defragmentasi pada penyelesaian masalah penalaran aljabar dan merekomendasikan untuk menggunakan bantuan dialog scaffolding dalam menignkatkan KPA mahasiswa.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Penalaran Aljabar, Scaffolding, Struktur Kognitif
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S3
Depositing User: S.Hum Maria Ayu
Date Deposited: 24 May 2022 18:26
Last Modified: 24 May 2022 18:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49809

Actions (login required)

View Item View Item