Analisis Kemampuan Berpikir Aljabar Dalam Matematika Pada Siswa Smp Kelas VIII


A. Badawi, - and Rochmad, - and Arief Agoestanto, FMIPA Pendidikan Matematika (2016) Analisis Kemampuan Berpikir Aljabar Dalam Matematika Pada Siswa Smp Kelas VIII. Unnes Journal of Mathematics Education, 5 (3). ISSN 2252-6927

[thumbnail of Analisis Kemampuan Berpikir Aljabar Dalam Matematika Pada Siswa Smp Kelas VIII.pdf] PDF - Published Version
Download (5MB)

Abstract

Berpikir aljabar merupakan representasi dari aktivitas maupun kemampuan dalam mempelajari aljabar sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir aljabar siswa SMP Kelas VIII. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan tes kemampuan berpikir aljabar pada siswa. Selanjutnya berdasarkan hasil tes, siswa dikelompokkan berdasarkan kemampuan berpikir aljabar mereka yang terdiri dari kelompok tingkat tinggi, kelompok tingkat sedang, dan kelompok tingkat rendah. Dari masing-masing kelompok tersebut dipilih dua subjek sebagai perwakilan untuk diwawancara lebih lanjut terkait kemampuan berpikir aljabar mereka. Hasil analisis dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan generasional, transformasional, dan level-meta global sudah terlihat pada sebagian siswa kelas VIII. Siswa yang termasuk dalam kelompok tingkat tinggi mempunyai kemampuan generasional, transformasional, dan level-meta global yang cenderung tinggi. Sedangkan siswa dalam kelompok rendah mempunyai kemampuan transformasional yang cenderung rendah, kemampuan generasional yang rendah sampai sedang, dan kemampuan level-meta global yang rendah sampai sedang

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: analisis; berpikir aljabar; generasional; transformasional; level-meta global
Subjects: L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 08 Apr 2022 02:35
Last Modified: 08 Apr 2022 02:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49567

Actions (login required)

View Item View Item