Analyze of Diagnostic Assessment and Remedial Teaching Result of Mathematics Problem Solving Achievement by Problem Based Learning Model


P. Hikmasari, - and Kartono, - and SCOLASTIKA MARIANI, FMIPA Matematika (2017) Analyze of Diagnostic Assessment and Remedial Teaching Result of Mathematics Problem Solving Achievement by Problem Based Learning Model. Unnes Journal of Mathematics Education, 6 (2). ISSN 2252-6927

[thumbnail of Analyze of Diagnostic Assessment and Remedial Teaching Result of Mathematics Problem Solving Achievement by Problem Based Learning Model.pdf] PDF - Published Version
Download (564kB)
[thumbnail of Review Analyze of Diagnostic Assessment and Remedial Teaching Result of Mathematics Problem Solving Achievement by Problem Based Learning Model Unnes Journal o.pdf] PDF - Published Version
Download (854kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) menguji apakah kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning dengan asesmen diagnostik dan pengajaran remedial dapat mencapai ketuntasan; (2) mendeskripsikan proses tindak lanjut yang tepat untuk peserta didik yang tidak dapat mencapai ketuntasan setelah memperoleh pembelajaran dengan model Problem Based Learning; (3) mendeskripsikan analisis hasil asesmen diagnostik dan pengajaran remedial pada pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik dengan model Problem Based Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed methods concurrent embedded. Pengambilan data menggunakan metode tes, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning dengan asesmen diagnostik dan pengajaran remedial dapat mencapai ketuntasan lebih dari 75%; (2) proses tindak lanjut bagi peserta didik yang tidak tuntas setelah memperoleh pembelajaran dengan model Problem Based Learning dan tes diagnostik yakni pengajaran remedial; (3) setelah dilaksanakannya tes sumatif diperoleh nilai rata�rata 78,97. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik kelas penelitian mendapatkan nilai, lebih dari nilai kriteria ketuntasan minimal yang telah ditentukan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Diagnostik, Remedial, Problem Based Learning, Pemecahan Masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Problem Based Learning
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 06 Apr 2022 06:16
Last Modified: 06 Apr 2022 06:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49540

Actions (login required)

View Item View Item