Penerapan model pembelajaran Inquiry Pictorial Riddle untuk meningkatkan keaktifan siswa
Maghfira Febriana, - and Hasan Al Asy’ari, - and Bambang Subali, FMIPA Pendidikan Fisika and Ani Rusilowati, - (2018) Penerapan model pembelajaran Inquiry Pictorial Riddle untuk meningkatkan keaktifan siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK), 4 (2). pp. 6-12. ISSN 2442-8868
PDF
- Published Version
Download (958kB) |
|
PDF
- Published Version
Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Model pembelajaran inquiry berbasis pictorial riddle memanfaatkan media visual sebagai media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran materi gerak lurus. Analisis data menggunakan teknik kualitatif. Tahap pra-siklus menunjukkan keaktifan siswa mengajukan pertanyaan 5%, keaktifan siswa menjawab pertanyaan 5% , dan keaktifan siswa dalam diskusi kelompok 12,5%. Pada siklus I hasil keaktifan siswa mengajukan pertanyaan 40%, keaktifan siswa menjawab pertanyaan 6,7%, dan keaktifan siswa diskusi kelompok 62,5%. Hasil siklus I menunjukkan belum ada peningkatan signifikan pada keaktifan siswa menjawab pertanyaan. Siklus II dilaksanakan dengan menambah pemberian reward atau penghargaan bagi siswa aktif menjawab pertanyaan. Pada siklus II hasil persentase keaktifan siswa mengajukan pertanyaan 43%, keaktifan siswa menjawab pertanyaan 33,3%, dan keaktifan siswa diskusi kelompok 75%. Berdasarkan analisis data diperoleh simpulan bahwa model pembelajaran inquiry pictorial riddle dapat digunakan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | : inquiry; pictorial riddle; keatifan |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Learning Model |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1 |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 15 Mar 2022 06:08 |
Last Modified: | 17 Mar 2022 03:27 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49069 |
Actions (login required)
View Item |