Penerapan model pembelajaran Inquiry Pictorial Riddle untuk meningkatkan keaktifan siswa


Maghfira Febriana, - and Hasan Al Asy’ari, - and Bambang Subali, FMIPA Pendidikan Fisika and Ani Rusilowati, - (2018) Penerapan model pembelajaran Inquiry Pictorial Riddle untuk meningkatkan keaktifan siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK), 4 (2). pp. 6-12. ISSN 2442-8868

[thumbnail of Penerapan model pembelajaran Inquiry Pictorial Riddle untuk meningkatkan keaktifan siswa.pdf] PDF - Published Version
Download (958kB)
[thumbnail of Review Penerapan model pembelajaran Inquiry Pictorial Riddle untuk meningkatkan keaktifan siswa.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Model pembelajaran inquiry berbasis pictorial riddle memanfaatkan media visual sebagai media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran materi gerak lurus. Analisis data menggunakan teknik kualitatif. Tahap pra-siklus menunjukkan keaktifan siswa mengajukan pertanyaan 5%, keaktifan siswa menjawab pertanyaan 5% , dan keaktifan siswa dalam diskusi kelompok 12,5%. Pada siklus I hasil keaktifan siswa mengajukan pertanyaan 40%, keaktifan siswa menjawab pertanyaan 6,7%, dan keaktifan siswa diskusi kelompok 62,5%. Hasil siklus I menunjukkan belum ada peningkatan signifikan pada keaktifan siswa menjawab pertanyaan. Siklus II dilaksanakan dengan menambah pemberian reward atau penghargaan bagi siswa aktif menjawab pertanyaan. Pada siklus II hasil persentase keaktifan siswa mengajukan pertanyaan 43%, keaktifan siswa menjawab pertanyaan 33,3%, dan keaktifan siswa diskusi kelompok 75%. Berdasarkan analisis data diperoleh simpulan bahwa model pembelajaran inquiry pictorial riddle dapat digunakan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: : inquiry; pictorial riddle; keatifan
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 15 Mar 2022 06:08
Last Modified: 17 Mar 2022 03:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/49069

Actions (login required)

View Item View Item