Komparasi Hasil Belajar Pokok Bahasan Laju Reaksi Menggunakan Model Team Assisted Individualization (TAI) Dengan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)
Sutiyono, 2009 (2009) Komparasi Hasil Belajar Pokok Bahasan Laju Reaksi Menggunakan Model Team Assisted Individualization (TAI) Dengan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Komparasi Hasil Belajar Pokok Bahasan Laju Reaksi Menggunakan Model Team Assisted Individualization (TAI) Dengan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC))
- Published Version
Download (31kB) | Preview |
Abstract
Sutiyono. 2009. Komparasi Hasil Belajar Pokok Bahasan Laju Reaksi Menggunakan Model Team Assisted Individualization (TAI) Dengan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Skripsi, Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang. Dosen Pembimbing I : Dra. Murbangun Nuswowati, M.Si, Dosen Pembimbing II : Dr. Siti Sundari Miswadi, M.Si. Kata kunci : Komparasi, hasil belajar, laju reaksi, Team Assisted Individualization, Cooperative Integrated Reading and Composition. Untuk dapat menguasai materi kimia khususnya pokok bahasan laju reaksi yang bersifat kompleks dan sulit diperlukan model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa. Keaktifan siswa dapat dimunculkan dengan adanya proses pembelajaran dalam kelompok kecil. Alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan yaitu Team Assisted Individualization dan Cooperative Integrated Reading and Composition. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Adakah perbedaan hasil belajar pokok bahasan laju reaksi antara yang menggunakan model TAI dengan yang menggunakan model CIRC? (2) Manakah hasil belajar pokok bahasan laju reaksi yang lebih baik antara yang menggunakan model TAI dengan yang menggunakan model CIRC? Tujuan dari penelitian adalah: (1) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar pokok bahasan laju reaksi antara yang menggunakan model TAI dengan yang menggunakan model CIRC. (2) Untuk mengetahui hasil belajar pokok bahasan laju reaksi yang lebih baik antara yang menggunakan model TAI dengan yang menggunakan model CIRC. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Grobogan tahun pelajaran 2008/2009 sejumlah 108 siswa. Sampel penelitian diambil secara cluster random sampling dan diperoleh kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen I (Team Assisted Individualization) dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen II (Cooperative Integrated Reading and Composition). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan tes. Rancangan eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre test-Post test Comparisons Groups Design. Berdasarkan hasil uji hipotesis (uji t) dua pihak nilai post test diperoleh harga thitung(2,363) > ttabel(1,67), yang berarti ada perbedaan hasil belajar pokok bahasan laju reaksi kelas eksperimen I dengan kelas eksperimen II. Sedangkan uji satu pihak diperoleh harga thitung(2,363) > ttabel(1,19), yang berarti hasil belajar pokok bahasan laju reaksi kelas eksperimen II lebih baik daripada kelas eksperimen I. Simpulan dari penelitian ini yaitu: (1) Ada perbedaan hasil belajar pokok bahasan laju reaksi antara yang menggunakan model TAI dengan yang menggunakan model CIRC. (2) Hasil belajar pokok bahasan laju reaksi yang menggunakan model CIRC lebih baik daripada yang menggunakan model TAI.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komparasi, hasil belajar, laju reaksi, Team Assisted Individualization, Cooperative Integrated Reading and Composition. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 29 Sep 2011 01:19 |
Last Modified: | 29 Sep 2011 01:19 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/4903 |
Actions (login required)
View Item |