Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality pada Materi Hidrokarbon untuk Meningkatkan Kemampuan Multirepresentasi
Vita Fitria Ningrum, 0402519026 (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality pada Materi Hidrokarbon untuk Meningkatkan Kemampuan Multirepresentasi. Masters thesis, UNNES.
PDF
Download (56kB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (71kB) | Request a copy |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (177kB) | Request a copy |
|
PDF
Download (88kB) |
|
PDF
Download (90kB) |
|
PDF
Download (120kB) |
|
PDF
Download (237kB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (323kB) | Request a copy |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (794kB) | Request a copy |
|
PDF
Download (32kB) |
|
PDF
Download (190kB) |
|
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Kemajuan teknologi digital di era pembelajaran saat ini, dapat membantu meningkatkan pemahaman materi peserta didik. Teknologi augmented reality terbukti dapat meningkatkan kemampuan multirepresentasi peserta didik, yang sangat diperlukan dalam berbagai pemecahan masalah pembelajaran khususnya materi hidrokarbon yang bersifat abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan media pembelajaran berbasis augmented reality pada materi hidrokarbon dan efektifitasnya pada pembelajaran melalui peningkatan kemampuan multirepresentasi peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan menggunakan Design Research and Development (R&D). Tahap uji validitas produk dilakukan oleh dua pakar ahli materi dan tiga pakar ahli media. Tahap implementasi pembelajaran dilakukan pada kelas X TKJ 2 SMK Gondang Pekalongan sejumlah 32 peserta didik dengan teknik random sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan uji statistik deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) produk berupa aplikasi Android disertai sembilan kartu molekul; 2) penilaian validitas oleh ahli materi dengan skor rata-rata 85 dalam kategori “sangat valid”, dan penilaian validitas oleh ahli media dengan skor rata-rata 94 dalam kategori “sangat valid”; dan 3) efektifitas media pada implementasi pembelajaran dengan peningkatan kemampuan multirepresentasi. Pada level makroskopik meningkat sebesar 27,5%; submikroskopis meningkat sebesar 36,7%; dan tingkat simbolik mengalami peningkatan sebesar 33,3%. Sehingga media pembelajaran berbasis augmented reality pada materi hidrokarbon sangat layak digunakan dalam pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan multirepresentasi peserta didik dalam setiap levelnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran, augmented reality, aplikasi Android, hidrokarbon, kemampuan multirepresentasi, learning media, augmented reality, android application, hidrocarbon, multi-representation ability. |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan IPA, S2 |
Depositing User: | S.Hum Maria Ayu |
Date Deposited: | 29 Dec 2021 05:23 |
Last Modified: | 24 Jan 2022 02:25 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47918 |
Actions (login required)
View Item |