Internalisasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Sejarah Pada Materi Pendudukan Jepang dan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di SMK PGRI 1 Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019


Anisatul Chasanah, - and Cahyo Budi Utomo, FIS Pendidikan Sejarah (2019) Internalisasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Sejarah Pada Materi Pendudukan Jepang dan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di SMK PGRI 1 Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019. Indonesian Journal of History Education, 7 (1). pp. 93-102. ISSN 2252-6641

[thumbnail of Internalisasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Sejarah Pada Materi Penduduka.pdf] PDF - Published Version
Download (305kB)
[thumbnail of Review Internalisasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Sejarah Pada Materi Pendudukan Jepang dan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di SMK PGRI 1 Mejobo.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan mata pelajaran sejarah dalam pembentukan karakter peserta didik di SMK PGRI 1 Mejobo Kudus; mengetahui proses internalisasi nilai-nilai karakter pada mata pelajaran sejarah di SMK PGRI 1 Mejobo Kudus; dan untuk mengetahui pengaruh internalisasi pendidikan karakter terhadap hasil bela�jar peserta didik pada materi Pendudukan Jepang dan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Pendekatan penelitian ini adalah mixed method dengan jenis strategi embedded konkuren. Sampel dalam penelitian ini kelas X RPL, X AKL dan X TKKR 1 diambil dengan teknik simple random sampling dan sampling purposive. Teknik pengum�pulan data menggunakan teknik observasi, tes, skala pengukuran perilaku peserta didik, wawancara, dan dokumen�tasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sejarah memiliki peran dalam pembentukan karakter dengan cara me�nyisipkan nilai-nilai karakter kedalam pembelajaran. Proses internalisasi pendidikan karakter dimulai sejak penyusu�nan perencanaan pembelajaran sampai evaluasi pembelajaran sejarah. Regresi linier sederhana diperoleh nilai signif�ikan (Asymp.Sig 2-tailed) sebesar 0,2. Karena nilai signifikan lebih besar dari 0,05 maka nilai residual terdistribusi dengan normal. Artinya terjadi pengaruh yang positif antara internalisasi pendidikan karakter terhadap hasil belajar peserta didik yang ditunjukkan dari 40 responden sebanyak 72,5% mencapai ketuntasan belajar pada materi Pendudukan Jepang dan Proklamasi Kemerdekaan RI.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: internalisasi, karakter, pembelajaran sejarah
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Character Building
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 29 Dec 2021 01:56
Last Modified: 29 Dec 2021 01:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47887

Actions (login required)

View Item View Item