(ABSTRAK) KEEFEKTIFAN PENERAPAN PEMBELAJARAN E-LEARNING DISERTAI MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAM GAME TOURNAMENT) PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI SEL KELAS XI IPA SMA N 1 JEKULO KUDUS
Yoga Jiwanjaya , 4401406578 (2011) (ABSTRAK) KEEFEKTIFAN PENERAPAN PEMBELAJARAN E-LEARNING DISERTAI MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAM GAME TOURNAMENT) PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI SEL KELAS XI IPA SMA N 1 JEKULO KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF ((ABSTRAK) KEEFEKTIFAN PENERAPAN PEMBELAJARAN E-LEARNING DISERTAI MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAM GAME TOURNAMENT) PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI SEL KELAS XI IPA SMA N 1 JEKULO KUDUS)
- Published Version
Download (128kB) | Preview |
Abstract
Materi struktur dan fungsi sel merupakan materi yang diajarkan di SMA kelas XI IPA. Siswa kelas XI IPA SMA N 1 jekulo tidak semuanya memiliki buku pegangan biologi sehingga siswa tidak bisa belajar setiap saat. Untuk membantu siswa mengurangi keterbatasan sumber belajar dan untuk memahami materi struktur dan fungsi sel maka digunakan pembelajaran e-learning disertai model TGT(Team Game Tournament). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apakah pembelajaran e-learning yang disertai model pembelajaran TGT efektif diterapkan pada materi struktur dan fungsi sel kelas XI IPA SMA N 1 Jekulo Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi experimental dengan desain One Shot Case Study yang dilaksanakan di empat kelas XI IPA yaitu kelas XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPA 3, dan XI IPA 4 semester gasal tahun 2010/2011, Hasil penelitian diperoleh aktivitas siswa selama pembelajaran rata-rata keaktifan siswa selama pembelajaran 85%, hal ini telah memenuhi kriteria yang ditetapkan minimal ≥ 70% siswa mencapai kriteria keaktifan sangat tinggi dan tinggi. Hasil belajar siswa memiliki nilai rata-rata 81,95, nilai tersebut berarti sudah mencapai KKM yang ditetapkan yaitu ≥ 70. Ketuntasan klasikal hasil belajar yang ddiperoleh sebesar 95%, angka tersebut berarti sudah melebihi kriteria minimal ketuntasan klasikal hasil belajar yaitu ≥ 80%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan pembelajaran e-learning yang disertai model pembelajaran TGT efektif diterapkan pada materi struktur dan fungsi sel kelas XI IPA SMA N 1 Jekulo Kudus.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keefektifan, E-learning, TGT (Team Game Tournament), Struktur dan fungsi sel |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1 |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 27 Sep 2011 03:48 |
Last Modified: | 27 Sep 2011 03:48 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/4712 |
Actions (login required)
View Item |