PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ADOBE FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI CANDI BOYOLALI


Lisa Dwi Sasmita, 1401416495 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ADOBE FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI CANDI BOYOLALI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416495 Pdf - lisa dwi sasmita.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya media pembelajaran yang inovatif dan pemanfaatan fasilitas sekolah menyebabkan proses pembelajaran menjadi tidak efektif. Hal tersebut berakibat pada hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran, menguji kelayakan, dan menguji keefektifan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Adobe Flash Materi Jaring-Jaring Kubus dan Balok Kelas V SD Negeri Candi Boyolali. Jenis penelitian ini Research and Development (R&D). Desain penelitian dan pengembangan yang digunakan merupakan desain Sugiyono, terdiri dari potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, Revisi Desain, Uji Coba Produk, Revisi Produk, Uji Coba Pemakaian, Revisi Produk, dan Produk Masal. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Candi Boyolali pada bulan November 2019 hingga September 2020. Subjek pada penelitian ini adalah guru dan siswa Kelas V SD Negeri Candi Boyolali. Uji skala besar dilakukan dikelas V SD Negeri Boyolali dengan jumlah 30 siswa dan uji skala kecil dilakukan di kelas V SD Negeri Urutsewu 03 dengan jumlah 6 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Pengumpulan data pada instrument tes yang digunakan adalah soal uji coba, soal pretest dan posttest. Sedangkan, instrument non tes yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu analisis kelayakan dan keefektifan media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis multimedia adobe flash yang dikembangkan menggunakan desain pengembangan Sugiyono dinyakatan layak digunakan dalam pembelajaran terbukti dari penilaian ahli materi sebesar 74% dan ahli media 75%. Selain itu, media pembelajaran berbasis multimedia adobe flash efektif digunakan sesuai dengan hasil diperoleh nilai = 4,867 dan = 2,045 . Dari hasil perhitungan diperoleh = 4,867 > = 2,045 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil uji gain dari data yang didapatkan data N-gain sebesar 0,34 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis multimedia adobe flash materi jaring-jaring kubus dan balok layak digunakan dalam pembelajaran Matematika dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Saran pada penelitian ini adalah tetap dikembangkan media pembelajaran berbasis multimedia adobe flash pada materi jaring-jaring kubus dan balok untuk melengkapi kekurangan dan membuat media menjadi lebih inovatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: adobe flash, Matematika, Media Pembelajaran, Multimedia.
Subjects: L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 29 Sep 2021 05:03
Last Modified: 29 Sep 2021 05:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46937

Actions (login required)

View Item View Item