E-Learning sebagai Media Pembelajaran Alternatif untuk Peningkatan Motivasi Belajar Mahasiswa ( Keefektifan Pengunaan Website dan E-mail sebagai Media Pembelajaran pada Program Pembelajaran Jarak Jauh Jurusan PGSD S1 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang)


Hendra Dedi Kriswanto, 2009 (2009) E-Learning sebagai Media Pembelajaran Alternatif untuk Peningkatan Motivasi Belajar Mahasiswa ( Keefektifan Pengunaan Website dan E-mail sebagai Media Pembelajaran pada Program Pembelajaran Jarak Jauh Jurusan PGSD S1 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of E-Learning sebagai Media Pembelajaran Alternatif untuk Peningkatan Motivasi Belajar Mahasiswa ( Keefektifan Pengunaan Website dan E-mail sebagai Media Pembelajaran pada Program Pembelajaran Jarak Jauh Jurusan PGSD S1 Fakultas Ilmu Pendidikan Unnes]
Preview
PDF (E-Learning sebagai Media Pembelajaran Alternatif untuk Peningkatan Motivasi Belajar Mahasiswa ( Keefektifan Pengunaan Website dan E-mail sebagai Media Pembelajaran pada Program Pembelajaran Jarak Jauh Jurusan PGSD S1 Fakultas Ilmu Pendidikan Unnes) - Published Version
Download (93kB) | Preview

Abstract

Kriswanto, Hendra Dedi. 2009. E-Learning sebagai Media Pembelajaran Alternatif untuk Peningkatan Motivasi Belajar Mahasiswa ( Keefektifan Pengunaan Website dan E-mail sebagai Media Pembelajaran pada Program Pembelajaran Jarak Jauh Jurusan PGSD S1 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang). Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Dr. Achmad Rifai, RC, M.Pd dan Drs. Amin Yusuf, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini (1) Bagaimanakah sistematika model elearning yang diterapkan dalam mengefektifkan kegiatan PJJ S1 PGSD FIP UNNES ?, (2) Bagaimanakah sistem on-line yang diterapkan bagi mahasiswa PJJ PGSD S1 FIP UNNES? (3) Bagaimana pengaruh penerapan e-learing berhadap motivasi belajar Mahasiswa Program PJJ PGSD S1 FIP UNNES?.Tujuan penelitian untuk mengetahui Sistem perkuliahan menggunakan model e-learning pada program PJJ S1 PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang? Sistem on-line pada program PJJ S1 PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang yang diterapkan pada mahasiswa dan Adakah pengaruh antara penerapan e-learning terhadap motivasi belajar mahasiswa PJJ S1 PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. Populasi penelitian adalah mahasiswa PJJ S1 PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang berjumlah 179 orang. Sampel yang diambil sebanyak 60 mahasiswa. Variabel yang diteliti yaitu pembelajaran elearning sebagai variabel bebas dan motivasi belajar sebagai variabel terikat. Alat pengambilan data berupa angket dan dianalisis menggunakan deskriptif prosentase dan analisis regresi. Persamaan regresi diperoleh t= 0,485 dan ttabel = 2,128 dengan taraf signifikansi 5% persamaan regresi dinyatakan linier dan diperoleh F= 30,389 > Ftabel= 4,098 dengan taraf signifikansi 5% persamaan regresi dinyatakan signifikan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan e-learning terhadap motivasi belajar Mahasiswa Program PJJ PGSD S1 FIP UNNES 71,7% sangat tinggi sedangkan 28,3% mahasiswa Program PJJ PGSD S1 FIP UNNES tinggi pengaruhnya. Mahasiswa diharapakan lebih aktif lagi dalam perkuliahan secara online denga mengirim inisiasi sesuai jadwal, membuka webcourse dan tidak sekedar copypaste teman, sedangkan dosen juga diharapkan selalu memberikan umpan balik terhadap mahasiswa, aktif membuka webcourse dan informatif terhadap mahasiswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran E-learning, E-mail, Motivasi Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 27 Sep 2011 02:21
Last Modified: 27 Sep 2011 02:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/4687

Actions (login required)

View Item View Item