KAJIAN KARAKTER WIRAUSAHA SISWA SMK NEGERI PROGRAM KEAHLIAN TATA BUSANA DI KABUPATEN SEMARANG


Ayu Retno Pratiwi, 5403416045 (2020) KAJIAN KARAKTER WIRAUSAHA SISWA SMK NEGERI PROGRAM KEAHLIAN TATA BUSANA DI KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KAJIAN KARAKTER WIRAUSAHA SISWA SMK NEGERI PROGRAM KEAHLIAN TATA BUSANA DI KABUPATEN SEMARANG] PDF (KAJIAN KARAKTER WIRAUSAHA SISWA SMK NEGERI PROGRAM KEAHLIAN TATA BUSANA DI KABUPATEN SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Data tingkat pengangguran tertinggi terutama di Kabupaten Semarang diperoleh dari lulusan SMA/SMK sederajat. Berwirausaha merupakan solusi yang tepat dalam mengatasi masalah pengagguran, untuk mengatasi masalah tersebut perlu adanya kajian tentang karakter wirausaha, karena karakter wirausaha merupakan landasan yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha yang kuat. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui 1) Seberapa tinggi tingkat karakter wirausaha siswa SMK negeri program keahlian Tata Busana di Kabupaten Semarang, 2) Siswa SMK yang mempunyai karakter wirausaha tertinggi, dan 3) Faktor karakter wirausaha yang paling dominan. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMK negeri di Kabupaten Semarang dengan total 7 sekolah. Penelitian diambil dengan teknik proportionate random sampling pada siswa di kelas XII dengan jumlah total 285 responden. Teknik pengumpulan data berupa skala nilai dan wawancara. Jenis instrumen yang digunakan berupa skala likert dan pedoman wawancara. Data dianalisis menggunakan uji analisis deskriptif persentatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) karakter wirausaha siswa SMK negeri program keahlian Tata Busana di Kabupaten Semarang tergolong kategori tinggi sebesar 67,66% 2) Karakter wirausaha paling tinggi yaitu siswa SMK N 1 Tengaran sebesar 72,2%. 3) faktor yang dominan yaitu faktor percaya diri dan optimis sebesar 73,09%, tanggung jawab sebesar 72,11%, komitmen sebesar 72,11%, realisme sebesar 72,74%, dan perspektif ke depan sebesar 71,43%. Saran: Pihak sekolah dapat mengembangkan pola pikir siswa supaya tidak hanya terfokus untuk mencari kerja dengan mengajarkan siswa cara melihat peluang supaya dapat berani mengambil risiko dengan tujuan mampu mandiri dalam berwirausaha.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kajian, Karakter Wirausaha, Kejuruan
Subjects: T Technology > TX Home economics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 15 Sep 2021 07:16
Last Modified: 15 Sep 2021 07:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46352

Actions (login required)

View Item View Item