PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERNUANSA STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MODEL PBL


M.Fikri Nurhidayat, 4101416119 (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERNUANSA STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MODEL PBL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERNUANSA STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MODEL PBL] PDF (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERNUANSA STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MODEL PBL) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengembangan bahan ajar bernuansa Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa pada model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kualitas bahan ajar bernuansa STEM yang dikembangkan dengan kriteria meliputi kesesuaian karakteristik, kelayakan, kebahasaan, dan meningkatkan kemampuan komunikasi matematis. Penelitian ini menggunakan metode research and development dengan desain one group pretest-posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-C sebagai kelas uji keterbacaan dan VII-F SMP Negeri 3 Patebon yang bertindak sebagai kelas uji coba pemakaian. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa bahan ajar bernuansa STEM berkualitas, dengan kriteria yaitu: (1) karakteristik bahan ajar bernuansa STEM sesuai dengan format analisis buku peserta didik menurut Kemendikbud yang dimodifikasi, (2) bahan ajar bernuansa STEM memperoleh kategori sangat layak dengan persentase skor kelayakan sebesar 88,54%, (3) bahan ajar bernuansa STEM mudah dipamahi bagi siswa dengan persentase skor sebesar 63,65%, dan (4) bahan ajar bernuansa STEM mampu meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan skor 0,44 pada kategori sedang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, STEM, Kemampuan Komunikasi Matematis.
Subjects: L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 14 Sep 2021 06:15
Last Modified: 14 Sep 2021 06:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/46263

Actions (login required)

View Item View Item