PENANAMAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA SISWA MELALUI PROGRAM KADER ADIWIYATA DI SMA NEGERI 2 KEBUMEN


Aegyari Mukti Wibowo, 3301415058 (2020) PENANAMAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA SISWA MELALUI PROGRAM KADER ADIWIYATA DI SMA NEGERI 2 KEBUMEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of skripsi fix selesai - Aegyari Mukti Wibowo.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Lingkungan sekolah merupakan salah satu lingkungan yang ideal guna memperoleh pendidikan dan keterampilan serta meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan. Kurangnya kepedulian dan keaktifan siswa membuat keefektifan dalam program Adiwiyata SMA Negeri 2 Kebumen berkurang. Dengan keadaan tersebut penanaman karakter peduli lingkungan kepada siswa SMA Negeri 2 Kebumen dilakukan melalui program Kader Adiwiyata. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui bagaimana penanaman karakter peduli lingkungan dalam perspektif teori karakter Thomas Lickona (2) Untuk mengetahui apakah model yang dipakai dalam penanaman karakter peduli lingkungan pada siswa melalui program Kader Adiwiyata di SMA N 2 Kebumen. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development. Lokasi penelitian di SMA Negeri 2 Kebumen. Subjek penelitian ini adalah Pembina Kader Adiwiyata dan Kader Adiwiyata. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah menggunakan lembar validasi produk kepada ahli. Analisis data yang digunakan adalah teknik instrumen studi pendahuluan dan instrumen pengembangan model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penanaman karakter peduli lingkungan pada siswa melalui program Kader Adiwiyata dilaksanakan sudah memenuhi teori karakter Thomas Lickona yaitu moral knowing karena para kader sudah mengetahui nilai moral yang terkandung dalam karakter peduli lingkungan, kemudian moral feeling yang mana para kader mempunyai tingkat kesadaran yang tinggi terhadap lingkungannya dan moral action dimana karena kader ikut berperan aktif dalam pelaksanaan program adiwiyata. Penggunaan model Bottom Up Participation menjadi salah satu strategi penanaman karakter peduli lingkungan pada Kader Adiwiyata dan dengan melibatkan siswa dalam kegiatan adiwiyata. Saran, bagi pembina Kader Adiwiyata hendaknya Pembina Kader Adiwiyata dan guru bekerja sama mendukung kegiatan Kader adiwiyata. Bagi Kader Adiwiyata dapat membagi waktu agar dapat berpartisipasi dalam mengikuti kegiatan Kader Adiwiyata dengan maksimal. Bagi SMA Negeri 2 Kebumen hendaknya terus membina dan mendukung berjalannya program Kader Adiwiyata.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penanaman Nilai, Peduli Lingkungan, Kader Adiwiyata
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > school environment
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 09 Sep 2021 02:34
Last Modified: 09 Sep 2021 02:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45815

Actions (login required)

View Item View Item