KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR DALAM PEMECAHAN MASALAH DENGAN MODEL FLIPPED CLASSROOM DITINJAU DARI SELF CONCEPT MATEMATIS SISWA


Firmanila Kurnia Ulfa, 4101417006 (2021) KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR DALAM PEMECAHAN MASALAH DENGAN MODEL FLIPPED CLASSROOM DITINJAU DARI SELF CONCEPT MATEMATIS SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR DALAM PEMECAHAN MASALAH DENGAN MODEL FLIPPED CLASSROOM DITINJAU DARI SELF CONCEPT MATEMATIS SISWA] PDF (KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR DALAM PEMECAHAN MASALAH DENGAN MODEL FLIPPED CLASSROOM DITINJAU DARI SELF CONCEPT MATEMATIS SISWA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan berpikir aljabar siswa dalam pemecahan masalah sangatlah rendah, khususnya untuk masalah non-rutin. Salah satu model pembelajaran yang diduga dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir aljabar dalam pemecahan masalah di era pandemi adalah model Flipped Classroom yang dilaksanakan secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir aljabar dalam pemecahan masalah siswa dengan model Flipped Classroom daring mencapai ketuntasan klasikal, apakah rata-rata kemampuan berpikir aljabar dalam pemecahan masalah siswa dengan model Flipped Classroom daring lebih baik daripada pembelajaran daring konvensional, menganalisis adakah pengaruh self concept matematis terhadap kemampuan berpikir aljabar dalam pemecahan masalah siswa, dan mendeskripsikan kemampuan berpikir aljabar dalam pemecahan masalah siswa dengan model Flipped Classroom daring ditinjau dari self concept matematis. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed-method dengan desain sequential explanatory. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas XI SMA Negeri 3 Demak tahun pelajaran 2020/2021 dengan sampel penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 4 (kelas eksperimen) dan XI MIPA 5 (kelas kontrol) yang diambil dengan metode simple random sampling. Data diambil dengan tes, angket, dan wawancara. Selanjutnya hasil tes dan angket diolah dengan uji ketuntasan klasikal, uji t, dan uji regresi linear. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan berpikir aljabar dalam pemecahan masalah dengan model Flipped Classroom daring tidak mencapai ketuntasan klasikal; (2) rata-rata kemampuan berpikir aljabar dalam pemecahan masalah pada kelas dengan model Flipped Classroom daring lebih baik daripada pembelajaran daring konvensional; (3) self concept matematis berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir aljabar dalam pemecahan masalah siswa sebesar 21,6%; (4) deskripsi kemampuan berpikir aljabar dalam pemecahan masalah subjek self concept atas cenderung memenuhi indikator memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah, melaksanakan rencana pemecahan masalah yang telah disusun, dan menginterpretasikan hasil yang diperoleh sebagai solusi suatu masalah, subjek self concept tengah cenderung memenuhi indikator memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah, melaksanakan rencana pemecahan masalah yang telah disusun, dan menginterpretasikan hasil yang diperoleh sebagai solusi suatu masalah, dan subjek self concept bawah cenderung memenuhi indikator memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah, dan melaksanakan rencana pemecahan masalah yang telah disusun, namun tidak memenuhi indikator menginterpretasikan hasil yang diperoleh sebagai solusi suatu masalah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Aljabar dalam Pemecahan Masalah, Model Flipped Classroom, Self Concept Matematis.
Subjects: L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 02 Sep 2021 05:57
Last Modified: 02 Sep 2021 05:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45444

Actions (login required)

View Item View Item