KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN MODEL ELICITING ACTIVITIES DENGAN PERFORMANCE ASSESSMENT


Latif Ariyanto, 4101416130 (2021) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN MODEL ELICITING ACTIVITIES DENGAN PERFORMANCE ASSESSMENT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN MODEL ELICITING ACTIVITIES DENGAN PERFORMANCE ASSESSMENT] PDF (KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN MODEL ELICITING ACTIVITIES DENGAN PERFORMANCE ASSESSMENT) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji ketuntasan Model Eliciting Activities untuk kemampuan komunikasi matematis siswa, menguji peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa sebelum dan sesudah pembelajaran dengan Model Eliciting Activities, untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari disposisi matematis. Penelitian ini menggunakan quantitative methods dengan one-group pretest-postest design. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: tes, angket, dan wawacara. Populasi peneleitian adalah siswa kelas VII MTs Al Uswah Bergas Lor Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2019/2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan komunikasi matematis siswa pada pembelajaran Model Eliciting Activities mencapai ketuntasan klasikal, (2) ada peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa setelah menggunakan Model Eliciting Activities dengan performance assessment, (3) kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari disposisi matematis dalam pembelajaran model Model Eliciting Activities sebagai berikut (a) Siswa dengan kategori disposisi matematis tinggi cenderung lebih teliti dan dalam memahami soal dan cermat dalam menyelesaikan masalah, dan menyelesaikan permasalahan dengan runtut dan benar; (b) Siswa kategori disposisi matematis sedang cenderung tergessa-gesa dalam menyelesaikan permasalahan, sehingga jawabanya cenderung benar tetapi belum lengkap sesuai pedoman penilaian.; (c) Siswa kategori disposisi matematis rendah cenderung tergesa-gesa dan kurang teliti dalam menyelesaikan permasalahan, sehingga jawabanya cenderung salah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis, Model Eliciting Activities, Disposisi Matematis, Performance Assessment.
Subjects: L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 02 Sep 2021 05:54
Last Modified: 02 Sep 2021 05:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45443

Actions (login required)

View Item View Item