KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS VII DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN DENGAN PENDEKATAN SAVI


Dini Hastiningrum, 4101416109 (2021) KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS VII DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN DENGAN PENDEKATAN SAVI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS VII DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN DENGAN PENDEKATAN SAVI] PDF (KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS VII DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN DENGAN PENDEKATAN SAVI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan pembelajaran matematika menggunakan pembelajaran MID dengan pendekatan SAVI terhadap kemampuan koneksi matematis siswa dan mengetahui kemampuan koneksi matematis siswa ditinjau dari gaya belajar pada pembelajaran MID dengan pendekatan SAVI. Metode yang digunakan adalah mixed methods dengan sequential explanatory design. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan tes, observasi, angket, dokumentasi, dan wawancara. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 8 Semarang tahun ajaran 2019/2020, secara teknik random sampling terpilih dua kelas yaitu siswa kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII A sebagai kelas kontrol. Subjek penelitian terdiri dari 9 subjek yang dipilih melalui teknik purposive sampling dimana untuk setiap kategori gaya belajar dipilih 3 orang subjek penelitian dengan skor tinggi, sedang, dan rendah pada hasil tes kemampuan koneksi matematis. Metode analisis data kuantitatif menggunakan uji-t dan uji-z. Metode analisis data kualitatif menggunakan reduksi data, penyajian data, triangulasi, dan menarik simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran MID dengan pendekatan SAVI efektif terhadap kemampuan koneksi matematis siswa; (2) kemampuan koneksi matematis pada subjek dengan gaya belajar visual mendominasi pada indikator aspek koneksi antartopik matematika dan aspek koneksi dengan kehidupan sehari-hari, kemampuan koneksi matematis pada subjek dengan gaya belajar auditorial mendominasi pada indikator aspek koneksi dengan kehidupan sehari-hari, dan kemampuan koneksi matematis pada subjek dengan gaya belajar kinestetik mendominasi pada indikator aspek koneksi dengan disiplin ilmu lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Koneksi Matematis, Gaya Belajar, Meaningful Instructional Design, Pendekatan SAVI
Subjects: L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 02 Sep 2021 05:49
Last Modified: 02 Sep 2021 05:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45441

Actions (login required)

View Item View Item