PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPASIAL MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA


Febio Wyemas, 4101416097 (2021) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPASIAL MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPASIAL MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA] PDF (PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPASIAL MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan dan menguji keterbacaan modul matematika berbasis pendekatan realistik untuk meningkatkan kemampuan spasial matematis dan self-efficacy siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development atau R&D) dengan model pengembangan tahapan Borg & Gall (1983). Objek penelitian ini adalah kevalidan dan keterbacaan modul matematika berbasis pendekatan realistik untuk meningkatkan kemampuan spasial matematis dan self-efficacy siswa. Data diambil dengan instrumen lembar uji kevalidan dan lembar uji keterbacaan modul. Proses uji kevalidan dilakukan oleh tiga validator ahli dan proses uji keterbacaan dilakukan oleh lima siswa kelas IX. Kemudian dianalisis dengan uji kevalidan dan uji keterbacaan. Hasil penelitian ini adalah Modul matematika berbasis pendekatan realistik untuk meningkatkan kemampuan spasial matematis dan self-efficacy siswa. Hasil uji kevalidan menunjukkan persentase sebesar 91,74 % yang berarti dikategorikan layak digunakan dalam pembelajaran matematika. Hasil uji keterbacaan siswa menunjukkan persentase sebesar 86,78 % yang berarti keterbacaan siswa terhadap modul berada pada kriteria mudah dipahami dan modul dapat dikatakan praktis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Modul, Pendekatan Realistik, Kemampuan Spasial Matematis, Self-Efficacy Siswa.
Subjects: L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 02 Sep 2021 05:46
Last Modified: 02 Sep 2021 05:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45440

Actions (login required)

View Item View Item