PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BANGUN RUANG SISI DATAR BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA SISTEM OPERASI ANDROID


Muslih Hasan Pambudi, 4101416078 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BANGUN RUANG SISI DATAR BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA SISTEM OPERASI ANDROID. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BANGUN RUANG SISI DATAR BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA SISTEM OPERASI ANDROID] PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BANGUN RUANG SISI DATAR BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA SISTEM OPERASI ANDROID) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis augmented reality pada sistem operasi android. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). Namun, penelitian ini hanya melalui tahapan analyze (menganalisis), design (mendesain), dan develop (mengembangkan) karena terdampak penyebaran corona virus disease (COVID 19). Materi pada penelitian ini mencakup materi bangun ruang sisi datar kubus dan balok pada jenjang sekolah menengah pertama. Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran bangun ruang sisi datar berbasis augmented reality pada sistem operasi android yang memiliki karakteristik meliputi menyediakan fasilitas tugas real time, live chat, ukur 3d dan fasilitas pembelajaran dengan teknologi augmented reality dan dunia virtual. Beberapa fasilitas tersebut memungkinkan guru mengirimkan soal/tugas untuk siswa dan mengumpulkan jawabannya, melakukan diskusi secara langsung baik dengan pesan ataupun obrolan langsung, mengukur objek di dunia nyata dengan ukuran satuan cm, dan memungkinkan pengguna melakukan pembelajaran menggunakan augmented reality ataupun dunia virtual dengan objek 3 dimensi yang dapat dimanipulasi. Pengguna dapat menjakankan media pembelajaran pada smartphone dengan spesifikasi minimal 4.1 (Jelly Bean). Hasil validasi media pembelajaran oleh ahli media memperoleh rata-rata 90,625%. Hasil validasi materi oleh ahli materi memperoleh rata-rata 93.75%. Hasil penilaian oleh para guru memperoleh rata-rata 92,045%. Hasil uji coba terhadap delapan belas siswa memperoleh rata-rata 81,79%. Hasil uji kelayakan media dapat dikatakan layak jika seluruh kesimpulan hasil uji oleh responden layak atau seluruh hasil uji oleh responden masuk kategori baik atau sangat baik, jika terdapat satu saja kesimpulan hasil uji oleh responden tidak layak atau terdapat satu saja hasil uji masuk kategori selain baik atau sangat baik maka media dikatakan tidak layak. Berdasarkan uji kelayakan yang telah dilakukan menunjukan bahwa seluruh hasil uji dapat dikatakan layak sehingga dapat disimpulkan media pembelajaran bangun ruang sisi datar berbasis augmented reality pada sistem operasi android layak dijadikan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media, Augmented Reality, Bangun Ruang Sisi Datar, Sistem Operasi Android.
Subjects: L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 02 Sep 2021 05:44
Last Modified: 02 Sep 2021 05:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45438

Actions (login required)

View Item View Item