KEMAMPUAN SISWA PADA ASPEK BERPIKIR KREATIF DITINJAU DARI GAYA BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM POSING BERBASIS OPEN-ENDED PROBLEM


Adieb Ajie Bayu Mukti, 4101416043 (2020) KEMAMPUAN SISWA PADA ASPEK BERPIKIR KREATIF DITINJAU DARI GAYA BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM POSING BERBASIS OPEN-ENDED PROBLEM. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEMAMPUAN SISWA PADA ASPEK BERPIKIR KREATIF DITINJAU DARI GAYA BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM POSING BERBASIS OPEN-ENDED PROBLEM] PDF (KEMAMPUAN SISWA PADA ASPEK BERPIKIR KREATIF DITINJAU DARI GAYA BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM POSING BERBASIS OPEN-ENDED PROBLEM) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif memiliki posisi penting bagi siswa dalam pembelajaran matematika. Salah satu variabel yang mempengaruhi kemampuan berpikir kreatif adalah gaya belajar. Untuk melatih kemampuan berpikir kreatif perlu dikembangan suatu alternatif dalam pembelajaran yaitu melalui model pembelajaran Problem Posing berbasis Open-Ended Problem. Penelitian ini bertujuan untuk menguji ketuntasan klasikal kemampuan siswa pada aspek berpikir kreatif, menguji adanya peningkatan kemampuan siswa pada aspek berpikir kreatif, dan mendeskripsikan kemampuan siswa pada aspek berpikir kreatif ditinjau dari gaya belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kombinasi tidak berimbang (concurrent embedded). Sampel penelitian ini siswa kelas VII A SMP Miftahul Huda dan dipilih 6 siswa sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data dengan tes, angket, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kreatif mencapai ketuntasan klasikal, terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif melalui pembelajaran Problem Posing berbasis Open-Ended Problem berdasarkan hasil uji n-gain sebesar 0,47 (kategori sedang), dan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan gaya belajar visual mencapai tingkat kemampuan berpikir kreatif tingkat 4 (sangat kreatif) dan tingkat 3 (kreatif), siswa dengan gaya belajar auditorial mencapai tingkat kemampuan berpikir kreatif tingkat 4 (sangat kreatif) dan tingkat 3 (kreatif), serta siswa dengan gaya belajar kinestetik mencapai tingkat kemampuan berpikir kreatif tingkat 3 (kreatif) dan tingkat 2 (cukup kreatif).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kreatif, Gaya Belajar, Problem Posing, Open-Ended Problem.
Subjects: L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 02 Sep 2021 02:56
Last Modified: 02 Sep 2021 02:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45412

Actions (login required)

View Item View Item