KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN MODEL GENERATIVE DAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA BAGAN ALIR BERSTIMULASI REALITA PADA SISWA KELAS X SMA


Rizky Febriani, 2101416052 (2020) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN MODEL GENERATIVE DAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA BAGAN ALIR BERSTIMULASI REALITA PADA SISWA KELAS X SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN MODEL GENERATIVE DAN  MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA BAGAN ALIR BERSTIMULASI REALITA PADA SISWA KELAS  X SMA] PDF (KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN MODEL GENERATIVE DAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA BAGAN ALIR BERSTIMULASI REALITA PADA SISWA KELAS X SMA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Keberhasilan pembelajaran bergantung pada kemampuan pendidik dalam memilih model serta media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan materi dan peserta didiknya. Pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi pada kelas X SMA juga memerlukan model dan media yang efektif serta tepat digunakan. Kemampuan peserta didik kelas X SMA dalam menulis teks laporan hasil observasi masih belum optimal. Hal tersebut membuat pendidik harus lebih selektif dalam memilih model dan media pembelajaran yang lebih tepat untuk mendapatkan hasil belajar yang lebih optimal. Model pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi yaitu model generative learning berbantuan media bagan alir berstimulasi realita dan model project based learning berbantuan media bagan alir berstimulasi realita. Tujuan penelitian ini, yaitu (1) mengetahui keefektifan pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi menggunakan model generative learning berbantuan media bagan alir berstimulasi realita pada peserta didik kelas X SMA; (2) mengetahui keefektifan pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi menggunakan model project based learning berbantuan media bagan alir berstimulasi realita pada peserta didik kelas X SMA; (3) mengetahui perbandingan keefektifan pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi menggunakan model generative learning berbantuan media bagan alir berstimulasi realita dan model project based learning berbantuan media bagan alir berstimulasi realita pada peserta didik kelas X SMA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan teknik sampling purposive, yaitu kelas X IPS 3 dan X IPS 4. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi menggunakan model generative learning berbantuan media bagan alir berstimulasi realita pada peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Purbalingga efektif diterapkan. Adapun rata-rata nilai posttest kelompok model generative learning mencapai 88,40, (2) pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi menggunakan model project based learning berbantuan media bagan alir berstimulasi realita pada peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Purbalingga efektif diterapkan. Adapun rata-rata nilai posttest kelompok model project based learning mencapai 84,37, (3) pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi menggunakan model generative learning berbantuan media bagan alir berstimulasi realita pada peserta didik kelas X SMA lebih efektif diterapkan dibandingkan pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi menggunakan model project based learning berbantuan media bagan alir berstimulasi realita. Hal tersebut dibuktikan dengan Sig. (2-tailed) 0,002 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil rata-rata nilai posttest kelompok model generative learning lebih unggul 4,03 dibandingkan model project based learning. Pembelajaran dengan model generative learning juga membangun sikap jujur, percaya diri, menghargai pendapat teman, dan kebiasaan peserta didik bertutur secara santun. Saran yang dapat diberikan yaitu, (1) pendidik diharapkan menggunakan model generative learning berbantuan media bagan alir berstimulasi realita dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi untuk memeroleh hasil pembelajaran yang maksimal karena model dan media tersebut sudah terbukti keefektifannya dibandingkan model project based learning, (2) peneliti di bidang Bahasa Indonesia hendaknya dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai bahan referensi untuk meningkatkan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Menulis teks laporan hasil observasi, model generative, model project based learning, bagan alir berstimulasi realita.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Evaluation of Learning
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: annisa dwi cahyaningtyas
Date Deposited: 02 Sep 2021 02:29
Last Modified: 02 Sep 2021 02:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45394

Actions (login required)

View Item View Item