IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN IMAJINASI MATEMATIS SISWA SLB TUNAGRAHITA


Rithia Damarratih, 4101416098 (2020) IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN IMAJINASI MATEMATIS SISWA SLB TUNAGRAHITA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN IMAJINASI MATEMATIS SISWA SLB TUNAGRAHITA] PDF (IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN IMAJINASI MATEMATIS SISWA SLB TUNAGRAHITA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (20MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan analisis peningkatan imajinasi matematis bagi siswa Kelas VIII C (tunagrahita) SLB Negeri Salatiga, Jawa Tengah, Indonesia berdasarkan aspek imajinasi menurut Mun, dkk setelah pembelajaran menggunakan model problem based learning berbantuan alat peraga pecahan. Metode penelitian yang digunakan adalah gabungan antara penelitian kualitatif dan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 7 siswa Kelas VIII C (tunagrahita). Analisis data kuantitatif digunakan data hasil tes kemampuan imajinasi siswa tunagrahita untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan masalah. Perbandingan hasil tes awal dan akhir siswa tunagrahita dalam menyelesaikan masalah sebelum dan sesudah menggunakan alat peraga sebagai dasar untuk mengetahui peningkatan imajinasi matematis. Selanjutnya, data kualitatif yang digunakan adalah data hasil wawancara tes kemampuan imajinasi matematis siswa tunagrahita. Data ini digunakan untuk mendeskripsikan dan mengetahui peningkatan kemampuan imajinasi matematis siswa SLB Tunagrahita. Setelah implementasi model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan alat peraga pecahan bagi siswa SLB Negeri Salatiga, diperoleh hasil sebagai berikut: (1) ada peningkatan hasil tes awal dan hasil tes akhir, (2) berdasarkan aspek imajinasi Mun, dkk, aspek scientific sensivity baik ditunjukkan dari emotional understanding (EU) dan the experience of Imagination (EI) tercapai; aspek scientific creativity baik ditunjukkan dari diversity (D) dan originality (O) tercapai; aspek scientific productivity baik ditunjukkan dari creation and reproduction (CR) dan scientific sense of reality (SSR) tercapai. Kesimpulan bahwa terjadi peningkatan yang tinggi kemampuan imajinasi matematis siswa tunagrahita kelas VIII C SLB Negeri Salatiga yang disebabkan adanya perlakuan model pembelajaran problem based learning berbantuan alat peraga pecahan penggunaan alat peraga pecahan berdasarkan aspek imajinasi menurut Mun, dkk.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: imajinasi matematis, tunagrahita, problem based learning, alat peraga pecahan.
Subjects: L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 26 Aug 2021 03:54
Last Modified: 26 Aug 2021 03:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44651

Actions (login required)

View Item View Item