KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP KELAS VII DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA MODEL PEMBELAJARAN IMPROVE


Sri Yuliati, 4101414076 (2020) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP KELAS VII DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA MODEL PEMBELAJARAN IMPROVE. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP KELAS VII DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA MODEL PEMBELAJARAN IMPROVE] PDF (KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP KELAS VII DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA MODEL PEMBELAJARAN IMPROVE) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran matematika pada model pembelajaranintroducting the new concept, metacognitive questioning, practicing, reviewing and reducing difficulties, obtaining mastery, verification, and enrichment(IMPROVE) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMP kelas VII,(2) untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP kelas VII ditinjau dari gaya belajar dengan pembelajaran IMPROVE. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian campuran (mixed method research) dengan desain penelitian sequential explanatory. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 22 Semarang tahun pelajaran 2019/2020. Sampel penelitian diambil dengan teknik random sampling.Hasil penelitian ini adalah model pembelajaran IMPROVE efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMP kelas VII, serta deskripsi kemampuan komunikasi matematis siswa SMP kelas VII ditinjau dari gaya belajar pada model pembelajaran IMPROVE, yaitu (a) siswa dengan gaya belajar visual dengan hasil Tes Kemampuan Komunikasi Matematis (TKKM) tinggi dan rendah menguasai indikator komunikasi matematis (Idk)pada Idk 1, Idk 2, Idk 3, dan Idk 4, sedangkan siswa dengan gaya belajar visual dengan hasil TKKM rendah menguasai Idk 3 dan Idk 4; (b) siswa dengan gaya belajar auditori dengan hasil TKKM tinggi dan rendah menguasai indikator kemampuan komunikasi matematis (Idk) pada Idk 1, Idk 2, Idk 3, dan Idk 4, sedangkan siswa dengan gaya belajar auditori dengan hasil TKKM rendah menguasi Idk 3 dan Idk 4; (c) siswa dengan gaya belajar kinestetik menguasai indikator kemampuan komunikasi matematis (Idk) pada Idk 1 dan Idk 4.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis, Gaya Belajar, Visual, Auditori, Kinestetik, Model Pembelajaran IMPROVE
Subjects: L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 26 Aug 2021 03:53
Last Modified: 26 Aug 2021 03:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44650

Actions (login required)

View Item View Item