KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS VII PADA MODEL PEMBELAJARAN ARIAS DITINJAU DARI SELF-RENEWAL CAPACITY


Nurul Afifatul Ula, 4101416065 (2020) KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS VII PADA MODEL PEMBELAJARAN ARIAS DITINJAU DARI SELF-RENEWAL CAPACITY. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS VII PADA MODEL PEMBELAJARAN ARIAS DITINJAU DARI SELF-RENEWAL CAPACITY] PDF (KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS VII PADA MODEL PEMBELAJARAN ARIAS DITINJAU DARI SELF-RENEWAL CAPACITY) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (21MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran ARIAS terhadap kemampuan representasi matematis, dan mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa ditinjau dari Self-Renewal Capacity. Penelitian ini menggunakan mixed methods dengan populasi siswa kelas VII SMP Negeri 40 Semarang tahun pelajaran 2019/2020. Sampel diambil dengan teknik acak kelas dan diperoleh kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Pengambilan subjek menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh 9 subjek dimana subjek yang dipilih berdasarkan kategori SRC siswa. Data penelitian diperoleh melalui tes, skala psikologi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran ARIAS efektif terhadap kemampuan representasi matematis siswa; (2) subjek dengan self-renewal capacity tinggi, subjek S-01, S-02, S-03 mampu memenuhi ketiga indikator kemampuan representasi matematis dengan baik; subjek dengan self-renewal capacity sedang, subjek S-04, S-05 mampu memenuhi ketiga indikator kemampuan representasi matematis dengan baik, subjek S-06 kurang mampu menuliskan langkah-langkah penyelesaian masalah matematis dengan kata-kata; subjek dengan self-renewal capacity rendah, subjek S-07 kurang mampu membuat persamaan atau model matematis dari representasi lain yang diberikan dan menuliskan langkah-langkah penyelesaian masalah matematis dengan kata-kata, subjek S-08, S-09 tidak mampu membuat persamaan atau model matematis dari representasi lain yang diberikan dan menuliskan langkah-langkah penyelesaian masalah matematis dengan kata-kata

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Representasi Matematis, ARIAS, Self-Renewal Capacity (SRC).
Subjects: L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 26 Aug 2021 03:30
Last Modified: 26 Aug 2021 03:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44634

Actions (login required)

View Item View Item