IMPLEMENTASI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA MANIPULATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN IMAJINASI MATEMATIS SISWA SLB TUNARUNGU


Ziyana Endah Khairun Nisa’, 4101416024 (2020) IMPLEMENTASI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA MANIPULATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN IMAJINASI MATEMATIS SISWA SLB TUNARUNGU. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101416024_Ziyana Endah Khairun Nisa'_PDF - Ziyana Endah Khairun Nisa'.pdf] PDF
Download (4MB)

Abstract

Kemampuan imajinasi matematis merupakan sesuatu yang penting untuk diteliti lebih mendalam, dengan imajinasi maka segala yang tidak mungkin bisa menjadi mungkin, selain itu imajinasi matematis penting karena berkaitan langsung dengan kehidupan sekitar. Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) perlu mendapatkan bimbingan untuk meningkatkan kemampuan imajinasi matematisnya. Tunarungu merupakan bagian dari ABK yang memiliki keterbatasan pada indera pendengarannya. Salah satu upaya dalam meningkatkan kemampuan imajinasi matematis ABK tunarungu adalah dengan menerapkan model pembelajaran berbantuan alat peraga manipulatif. Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan kemampuan imajinasi matematis siswa SLB tunarungu melalui model discovery learning berbantuan alat peraga manipulatif (2) mendeskripsikan peningkatan imajinasi matematis siswa SLB tunarungu melalui model discovery learning berbantuan alat peraga manipulatif. Penelitian ini merupakan penelitian campuran yang menggunakan desain eksplorasi sekuensial dengan desain satu kelompok tes awal dan tes akhir. Populasi dari penelitian ini adalah siswa SMPLB Negeri Salatiga dengan sampel siswa kelas VIII-B. Metode penelitian ini adalah dengan observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara. Pengujian Kuantitatif menunjukkan bahwa tes akhir hasil imajinasi matematis lebih baik daripada hasil tes awal. Pengujian kualitatif menghasilkan deskripsi imajinasi matematis yang mencakup aspek-aspek yaitu scientific sensitivity, scientific creativity, dan scientiific productivity. Berdasarkan analisis data kuantitatif dan kualitatif disimpukan bahwa model discovery learning berbantuan alat peraga manipulatif mampu meningkatkan kemampuan imajinasi matematis siswa tunarungu di SMPLB Negeri Salatiga.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: alat peraga manipulatif, discovery learning, imajinasi matematis, tunarungu.
Subjects: L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 26 Aug 2021 03:04
Last Modified: 26 Aug 2021 03:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44624

Actions (login required)

View Item View Item