MERDEKA BELAJAR (Telaah Implementasi bagi Guru Bimbingan dan Konseling)


Kusnarto, Kurniawan (2020) MERDEKA BELAJAR (Telaah Implementasi bagi Guru Bimbingan dan Konseling). PROSIDING SEMINAR NASIONAL BIMBINGAN DAN KONSELING “PERAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENDUKUNG PROGRAM MERDEKA BELAJAR DAN MENINGKATKAN KARAKTER SISWA”. pp. 18-26. ISSN 978-623-7619-09-3

[thumbnail of 603-1617-1-PB - AGUS BUDIARDJO.pdf] PDF - Published Version
Download (398kB)

Abstract

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim menetapkan empat program pokok kebijakan pendidikan “Merdeka Belajar” meliputi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), Ujian Nasional (UN), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Peraturan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Zonasi. Bagi guru mata pelajaran dan guru kelas kebijakan ini sudah sangat jelas dan tinggal melaksanakan karena sudah diikuti dengan ketentuan ketentuan pelaksanaannya salah satunya Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Namun bagi Guru Bimbingan dan Konseling belum ada ketentuan maupun penjelasan khusus mengenai pelaksanaan Merdeka Belajar, meskipun sebenarnya justru disitulah kemerdekaan guru Bimbingan dan Konseling diperoleh. Tulisan singkat ini mencoba menelaah implementasi Merdeka Belajar bagi Guru Bimbingan dan Konseling.

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 03 Aug 2022 02:28
Last Modified: 03 Aug 2022 02:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44429

Actions (login required)

View Item View Item