Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Lingkungan Sosial dan Sekolah terhadap Sikap Bahasa Siswa Sekolah Dasar


Candra Hadi Siwoyo, - and Ida Zulaeha, - and Awalya, FIP BK (2019) Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Lingkungan Sosial dan Sekolah terhadap Sikap Bahasa Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Keguruan, 5 (2). pp. 108-111. ISSN 2460-4399

[thumbnail of Review Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Lingkungan Sosial dan Sekolah terhadap Sikap Bahasa Siswa Sekolah Dasar.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh pola asuh orang tua, lingkungan sosial dan lingkungan sekolah terhadap sikap bahasa siswa di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif berjenis ex pose facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar Negeri Cerme. Sampel penelitian dipilih secara purposive sampel yaitu siswa kelas 5 dengan alasan sudah memasuki masa operasional konkret. Data diperoleh dengan metode angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pola asuh orang tua memengaruhi sikap bahasa siswa, terutamapola asuh otoriter. (2) lingkungan sosial memengaruhi sikap bahasa siswapada aspek kognitif (3) lingkungan sekolah mempengaruhi sikap bahasa siswa aspekkonatif. (4) pola asuhorang tua, lingkungan sosial dan lingkungan sekolah memengaruhi sikap bahasa siswa. Simpulan dari penelitian ini adalah pola asuh orang tua, lingkungan sosial dan lingkungan sekolah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap sikap bahasa siswa. Diperlukanpembinaan sikap bahasa, baik Bahasa Indonesia maupun bahasa daerah

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Parenting, Social Environment, School Environment, Language Attitude
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > Parenting
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > family environment
L Education > L Education (General) > school environment
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 26 May 2021 04:32
Last Modified: 26 May 2021 04:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44020

Actions (login required)

View Item View Item