Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Lingkungan Sosial dan Sekolah terhadap Sikap Bahasa Siswa Sekolah Dasar
Candra Hadi Siwoyo, - and Ida Zulaeha, - and Awalya, FIP BK (2019) Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Lingkungan Sosial dan Sekolah terhadap Sikap Bahasa Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Keguruan, 5 (2). pp. 108-111. ISSN 2460-4399
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh pola asuh orang tua, lingkungan sosial dan lingkungan sekolah terhadap sikap bahasa siswa di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif berjenis ex pose facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar Negeri Cerme. Sampel penelitian dipilih secara purposive sampel yaitu siswa kelas 5 dengan alasan sudah memasuki masa operasional konkret. Data diperoleh dengan metode angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pola asuh orang tua memengaruhi sikap bahasa siswa, terutamapola asuh otoriter. (2) lingkungan sosial memengaruhi sikap bahasa siswapada aspek kognitif (3) lingkungan sekolah mempengaruhi sikap bahasa siswa aspekkonatif. (4) pola asuhorang tua, lingkungan sosial dan lingkungan sekolah memengaruhi sikap bahasa siswa. Simpulan dari penelitian ini adalah pola asuh orang tua, lingkungan sosial dan lingkungan sekolah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap sikap bahasa siswa. Diperlukanpembinaan sikap bahasa, baik Bahasa Indonesia maupun bahasa daerah
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Parenting, Social Environment, School Environment, Language Attitude |
Subjects: | H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > Parenting H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > family environment L Education > L Education (General) > school environment |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2 |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 26 May 2021 04:32 |
Last Modified: | 26 May 2021 04:32 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44020 |
Actions (login required)
View Item |