Implementasi Model Guided Discovery Learning Disertai LKS Multirepresentasi Berbasis Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa


Masturi, FMIPA Pendidikan Fisika (2018) Implementasi Model Guided Discovery Learning Disertai LKS Multirepresentasi Berbasis Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Unnes Physics Education Journal, 7 (3). pp. 18-27. ISSN 2252-6935

[thumbnail of 27672-Article Text-61201-1-10-20181213.pdf]
Preview
PDF
Download (993kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model guided discovery learning disertai LKS multirepresentasi berbasis pemecahan masalah terhadap pemahaman konsep siswa dan peningkatan pemahaman konsep siswa setelah dilakukan implementasi model guided discovery learning disertai LKS multirepresentasi berbasis pemecahan masalah. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Ungaran. Peneliti menggunakan desain quasi-eksperimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, diperoleh kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII H sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data terdiri atas dokumentasi, tes, dan angket. Hasil analisis data menunjukkan ada perbedaan signifikan, dibuktikan pada uji beda t-test yang menghasilkan thitung 3,014 > ttabel 2,002 untuk uji beda t-test berdasarkan nilai posttest, thitung 2,562 > ttabel 2,002 untuk untuk uji beda t-test berdasarkan gain. Jadi model guided discovery learning disertai LKS mulitirepresentasi berbasis pemecahan masalah berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa. Hasil analisis data juga menunjukkan pemahaman konsep rata-rata n-gain kelas eksperimen sebesar 0,64 dengan kriteria sedang, sedangkan kelas kontrol sebesar 0,42 dengan kriteria sedang. Jadi model guided discovery learning disertai LKS mulitirepresentasi berbasis pemecahan masalah dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Concepts understanding, Guided discovery learning model, LKS multi representation based on problem solving.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > implementation of learning
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 31 Mar 2021 08:06
Last Modified: 31 Mar 2021 08:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/43661

Actions (login required)

View Item View Item