PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN ALAT-BAHAN PRAKTIKUM IPA BAGI GURU DAN SISWA SD DI KEPULAUAN KARIMUNJAWA


Masturi, FMIPA Pendidikan Fisika (2018) PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN ALAT-BAHAN PRAKTIKUM IPA BAGI GURU DAN SISWA SD DI KEPULAUAN KARIMUNJAWA. Universitas Negeri Semarang, Semarang.

[thumbnail of DIPA FMIPA - Masturi UNNES.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Rendahnya kemamampuan siswa dalam memahami materi pembelajaran IPA disebabkan oleh kurang optimalnya guru dalam memfasilitasi kegiatan belajar siswa menggunakan alat peraga. Kegiatan pengabdian masyarakat berupa pendampingan pengembangan alat-bahan praktikum IPA bagi guru dan siswa SD di Kepulauan Karimunjawa menjadi sangat diperlukan. Kegiatan dilakukan melalui dua sesi yaitu penyampaian materi dan kelas percontohan. Materi disajikan untuk mengembangkan pola pikir tikat tinggi guru dalam mencetuskan ide kreatif dalam membuat alat peraga. Kelas percontohan digunakan untuk mengukur efektivitas metode pembelajaran yang dirancang pada sesi materi. Hasil kegiatan pendampingan ini adalah diperoleh 93% siswa dapat menyerap materi yang diberikan menggunakan alat peraga berdasarkan evaluasi dibandingkan tanpa alat peraga hanya 56%. Selain itu Guru juga mampu mengembangkan kemampuan tingkat tinggi mereka untuk kebutuhan pembelajaran di kelas.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: pendampingan, guru dan siswa, alat peraga, IPA
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > FISIKA
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 30 Mar 2021 07:59
Last Modified: 30 Mar 2021 07:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/43638

Actions (login required)

View Item View Item