Implementasi Model Guided Discovery Learning Disertai LKS Multirepresentasi Berbasis Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa


Vicka Puspitasari, - and Wiyanto, - and Masturi, FMIPA Pendidikan Fisika (2018) Implementasi Model Guided Discovery Learning Disertai LKS Multirepresentasi Berbasis Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Unnes Physics Education Journal, 7 (3). pp. 19-27. ISSN 2252-6935

[thumbnail of Turnitin Implementasi Model Guided Discovery Learning Disertai LKS Multirepresentasi Berbasis Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Review Implementasi Model Guided Discovery Learning Disertai LKS Multirepresentasi Berbasis Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model guided discovery learning disertai LKS multirepresentasi berbasis pemecahan masalah terhadap pemahaman konsep siswa dan peningkatan pemahaman konsep siswa setelah dilakukan implementasi model guided discovery learning disertai LKS multirepresentasi berbasis pemecahan masalah. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Ungaran. Peneliti menggunakan desain quasi-eksperimental design dengan bentuk non- equivalent control group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, diperoleh kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII H sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data terdiri atas dokumentasi, tes, dan angket. Hasil analisis data menunjukkan ada perbedaan signifikan, dibuktikan pada uji beda t-test yang menghasilkan thitung 3,014 > ttabel 2,002 untuk uji beda t-test berdasarkan nilai posttest, thitung 2,562 > ttabel 2,002 untuk untuk uji beda t-test berdasarkan gain. Jadi model guided discovery learning disertai LKS mulitirepresentasi berbasis pemecahan masalah berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa. Hasil analisis data juga menunjukkan pemahaman konsep rata-rata n-gain kelas eksperimen sebesar 0,64 dengan kriteria sedang, sedangkan kelas kontrol sebesar 0,42 dengan kriteria sedang. Jadi model guided discovery learning disertai LKS mulitirepresentasi berbasis pemecahan masalah dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Concepts understanding, Guided discovery learning model, LKS multi representation based on problem solving
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 21 Feb 2021 04:15
Last Modified: 21 Feb 2021 04:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/43305

Actions (login required)

View Item View Item