PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “SCRAPTA” (SCRAPBOOK THEME FOR ARABIC) UNTUK KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB BAGI SISWA KELAS VII MTs NU NURUL HUDA SEMARANG
Nida Luthfiya, 2303416035 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “SCRAPTA” (SCRAPBOOK THEME FOR ARABIC) UNTUK KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB BAGI SISWA KELAS VII MTs NU NURUL HUDA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “SCRAPTA” (SCRAPBOOK THEME FOR ARABIC) UNTUK KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB BAGI SISWA KELAS VII MTs NU NURUL HUDA SEMARANG)
- Submitted Version
Download (646kB) | Preview |
Abstract
Luthfiya, Nida. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran SCRAPTA (Scrapbook Theme For Arabic) Untuk Keterampilan Menulis Bahasa Arab Bagi Siswa Kelas VII MTs NU Nurul Huda Semarang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Jurusan Bahasa dan Sastra Asing, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Dosen Pembimbing: Muhammad Yusuf Ahmad Hasyim Lc., MA., Ph.D. Kata kunci: Media Pembelajaran, Scrapbook, SCRAPTA (Scrapbook Theme For Arabic), Keterampilan Menulis Bahasa Arab. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Arab dikarenakan guru belum memanfaatkan media pembelajaran yang variatif. Kesulitan tersebut antara lain siswa kurang mampu mengembangkan ide-ide kreatif dalam keterampilan menulis. Untuk itu, peneliti mengembangkan SCRAPTA (Scrapbook Theme For Arabic) guna meningkatkan keterampilan menulis bahasa Arab pada siswa kelas VII MTs. Tujuan penelitian ini yaitu untuk (1) mengetahui kebutuhan guru dan siswa terhadap media pembelajaran SCRAPTA(Scrapbook Theme For Arabic) untuk keterampilan menulis bahasa Arab (2) mengetahui purwarupa media pembelajaran SCRAPTA(Scrapbook Theme For Arabic) untuk keterampilan menulis bahasa Arab (3) mengetahui validasi ahli dan guru terhadap media pembelajaran SCRAPTA(Scrapbook Theme For Arabic) untuk keterampilan menulis bahasa Arab. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan desain penelitian dan pengembangan (Research and Development). Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dan siswa menghendaki adanya pengembangan media pembelajaran SCRAPTA(Scrapbook Theme For Arabic) untuk keterampilan menulis bahasa Arab. Nilai rata-rata dari keseluruhan aspek kelayakan buku adalah 89,43 pada rentang 86-100 dan termasuk kategori 4 (sangat layak/sangat sesuai). Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran SCRAPTA(Scrapbook Theme For Arabic) sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk menunjang keterampilan menulis bahasa Arab.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Scrapbook, SCRAPTA (Scrapbook Theme For Arabic), Keterampilan Menulis Bahasa Arab. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1) |
Depositing User: | S.S Eko Handoyo |
Date Deposited: | 14 Jan 2021 11:56 |
Last Modified: | 14 Jan 2021 11:56 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/43033 |
Actions (login required)
View Item |