KEMAMPUAN MENYIMAK MAHASISWA SEMESTER II PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS UNNES BERDASARKAN TINGKATAN KOGNITIF


Nova Mutiara, 2301416044 (2020) KEMAMPUAN MENYIMAK MAHASISWA SEMESTER II PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS UNNES BERDASARKAN TINGKATAN KOGNITIF. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEMAMPUAN MENYIMAK MAHASISWA SEMESTER II PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS UNNES BERDASARKAN TINGKATAN KOGNITIF]
Preview
PDF (KEMAMPUAN MENYIMAK MAHASISWA SEMESTER II PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS UNNES BERDASARKAN TINGKATAN KOGNITIF) - Submitted Version
Download (565kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Mutiara, Nova. 2020. Kemampuan Menyimak Mahasiswa Semester II Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis Berdasarkan Tingkatan Kognitif. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Asing, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Dr. M Syaefudin M. Pd. Kata Kunci: menyimak, compréhension orale élémentaire, tingkatan kognitif Bahasa terdiri dari dua aspek yaitu tulisan dan lisan. Salah satu bahasa lisan adalah menyimak. Menyimak merupakan proses kegiatan mendengarkan lambang-lambang lisan dengan penuh perhatian untuk memperoleh informasi, serta memahami komunikasi yang telah disampaikan oleh lawan bicara.. Keterampilan menyimak menurut Nurgiyantoro (2011:218) terbagi menjadi empat tingkatan kognitif yaitu tingkat ingatan, tingkat pemahaman, tingkat penerapan, dan tingkat analisis. Dalam pembelajaran Bahasa Prancis, kegiatan menyimak untuk pemula disebut sebagai compréhension orale élémentaire. Dalam hal ini, penulis meneliti kemampuan menyimak mahasiswa berdasarkan tingkatan kognitif. Kemudian, materi yang digunakan berdasarkan buku ajar yaitu Le Nouveau Taxi 1. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan menyimak berdasarkan tingkatan kognitif yang paling dikuasai serta yang kurang dikuasai mahasiswa semester II Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis Unnes berdasarkan tingkatan kognitif. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 39 mahasiswa semester II Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis Unnes. Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode dokumentasi dan tes, dengan metode dokumentasi penulis dapat mengetahui daftar nama mahasiswa yang menjadi responden dan dengan metode tes penulis dapat mengetahui kemampuan mahasiswa dalam menyimak berdasarkan tingkatan kognitif. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa nilai rata-rata kemampuan menyimak mahasiswa semester II berdasarkan tingkatan kognitif adalah 47,15 sehingga termasuk dalam kategori kurang sekali/ gagal. Kemudian, hasil yang didapat dari kemampuan menyimak mahasiswa dari masing-masing tingkatan kognitif memperoleh: tingkat ingatan (C1) 56%, tingkat pemahaman (C2) 37%, tingkat penerapan (C3) 59%, dan tingkat analisis (C4) 36%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menyimak, compréhension orale élémentaire, tingkatan kognitif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > implementation of learning
P Language and Literature > PDA French Languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 14 Jan 2021 01:50
Last Modified: 14 Jan 2021 01:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42999

Actions (login required)

View Item View Item