KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN LEARNING LOG DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA
Adah Rodiah, 4101415011 (2020) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN LEARNING LOG DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN LEARNING LOG DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA)
- Published Version
Download (11MB) | Preview |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan yang dimiliki oleh siswa. Kemampuan pemecahan masalah menjadi hal yang penting untuk selalu dilatih dan dikembangkan secara berkesinambungan. Fakta menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah dan karakter kemandirian siswa SMP Negeri 35 Semarang masih perlu ditingkatkan. Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut adalah menerapkan pembelajaran Project Based Learning berbantuan Learning Log. Penelitian ini bertujuan untuk menguji ketuntasan belajar pada pembelajaran Project Based Learning berbantuan Learning Log, kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran Project Based Learning berbantuan Learning Log dan pada pembelajaran PBL, menguji pengaruh sikap kemandirian belajar siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, dan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan kemandirian belajar tinggi, sedang, dan rendah. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Semarang tahun ajaran 2018/2019. Sampel terpilih 27 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 27 siswa sebagai kelompok kontrol. Metode pengambilan data dilakukan dengan tes, angket kemandirian belajar, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan pemecahan masalah yang memperoleh pembelajaran Project Based learning berbantuan Learning Log melampaui ketuntasan belajar; (2) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pembelajaran Project Based learning berbantuan Learning Log lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pembelajaran PBL; (3) kemandirian belajar berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pembelajaran Project Based learning berbantuan Learning Log; (4) siswa dengan kemandirian belajar tinggi dapat memenuhi semua indikator kemampuan pemecahan masalah; (5) siswa dengan kemandirian belajar sedang belum dapat memenuhi indikator memeriksa kembali; (6) siswa dengan kemandirian belajar rendah belum dapat memenuhi indikator membuat rencana penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan pemecahan masalah, Project Based Learning, Learning Log, Kemandirian Belajar |
Subjects: | L Education > Special Education > Mathematics Education |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 11 Jan 2021 00:41 |
Last Modified: | 11 Jan 2021 00:41 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42874 |
Actions (login required)
View Item |