PENGARUH PENGGUNAAN IGNITION STABILIZER DAN IGNITION BOOSTER TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR, PERFORMA ENGINE, DAN EMISI GAS BUANG PADA SEPEDA MOTOR


Elvin Bukit Vilarta, 5202414087 (2020) PENGARUH PENGGUNAAN IGNITION STABILIZER DAN IGNITION BOOSTER TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR, PERFORMA ENGINE, DAN EMISI GAS BUANG PADA SEPEDA MOTOR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5202414087.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan ignition stabilizer dan ignition booster terhadap konsumsi bahan bakar, performa engine, dan emisi gas buang pada kendaraan sepeda motor. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dalam bentuk time series, yaitu pengumpulan data dilakukan berulang-ulang sebelum dan sesudah pemberian perlakuan. Kemudian hasil penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif statistik yang akan ditampilkan menggunakan tabel dan grafik sebelum disimpulkan. Ignition stabilizer dipasang pada kutub positif-negatif baterai dan ignition booster dipasang pada kabel tegangan tinggi. Kinerja ignition stabilizer dan ignition booster mampu memperbesar percikan bunga api pada busi sehingga dapat mempengaruhi kualitas pembakaran yang terjadi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan ignition stabilizer maupun ignition booster terhadap konsumsi bahan bakar, performa engine, dan emisi gas buang. Selisih konsumsi bahan bakar tertinggi dari penggunaan ignition stabilizer terhadap kondisi standar yaitu 0,47 kg/jam pada 4000 rpm, dan ignition booster sebesar 1,64 kg/jam pada 7500 rpm. Selanjutnya selisih peningkatan performa engine dari penggunaan ignition stabilizer dan ignition booster yaitu berturut-turut 1,15 Nm torsi kemudian 0,83 kW daya pada 5000 rpm, 1,96 Nm torsi kemudian 1,8 kW daya pada 6000 rpm. Sedangkan, penurunan emisi gas buang dari penggunaan ignition stabilizer dan ignition booster didapatkan 0,16% vol gas CO, 675 ppm vol gas HC dan 0,15% vol gas CO, 68 ppm vol gas HC.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ignition stabilizer, ignition booster, konsumsi bahan bakar, performa engine, dan emisi gas buang.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 08 Jan 2021 04:30
Last Modified: 08 Jan 2021 04:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42768

Actions (login required)

View Item View Item