Pengaruh Motivasi, Sarana Prasarana, Efikasi Diri, Dan Penyesuaian Diri Terhadap Kemandirian Belajar


Apriani Kartika Sari, - and Muhsin, - and Fahrur Rozi, FE Pendidikan Ekonomi (2017) Pengaruh Motivasi, Sarana Prasarana, Efikasi Diri, Dan Penyesuaian Diri Terhadap Kemandirian Belajar. Economic Education Analysis Journal, 6 (3). pp. 923-935. ISSN 2252-6544

[thumbnail of Pengaruh Motivasi, Sarana Prasarana, Efikasi Diri, Dan Penyesuaian Diri Terhadap Kemandirian Belajar.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (192kB) | Preview
[thumbnail of Review Pengaruh motivasi sarana perasana efikasi diri & penyesuaian diri thdp kemandirian belajar.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (60kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar, sarana dan prasarana pembelajaran, efikasi diri, dan penyesuaian diri di sekolah terhadap kemandirian belajar siswa administrasi perkantoran SMK YPE Nusantara Slawi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Administrasi Perkantoran kelas X dan XI yaitu 198 siswa. Sedangkan sampel yang diambil sejumlah 132 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Analisis data menggunakan metode analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, deskriptif presentase, dan uji hipotesis dengan program SPSS 21. Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan Y= -0,494 + 0,267 X1 + 0,128 X2 + 0,204 X3 + 0,340 X4. Uji keberartian persamaan regresi dengan uji F, diperoleh Fhitung = 75,320 dengan signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05. Besarnya pengaruh secara simultan dari motivasi belajar, sarana dan prasarana pembelajaran, efikasi diri, dan penyesuaian diri di sekolah terhadap kemandirian belajar sebesar 69,4%. Sedangkan pengaruh secara parsial motivasi belajar sebesar 13,18%, sarana dan prasarana pembelajaran 3,17%, efikasi diri 5,66%, dan penyesuaian diri di sekolah 17,64%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Learning Motivation; Learning Facilities and Infrastructure; Self Efficacy; Self Adaptation to School; Self Regulated Learning
Subjects: L Education > L Education (General) > Motivating Learners
L Education > L Education (General) > learning activity
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 28 Dec 2020 03:09
Last Modified: 28 Dec 2020 03:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42400

Actions (login required)

View Item View Item