PENGEMBANGAN MODUL MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN MUATAN TEMPAT BERSEJARAH DI SEMARANG UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII SMP
Ardania Diqtyana Rismandari, 2101416053 (2020) PENGEMBANGAN MODUL MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN MUATAN TEMPAT BERSEJARAH DI SEMARANG UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII SMP. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN MODUL MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN MUATAN TEMPAT BERSEJARAH DI SEMARANG UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII SMP)
- Published Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Menulis teks laporan hasil observasi merupakan kegiatan yang menjadi masalah bagi peserta didik SMP namun peserta didik dan pendidik hanya menggunakan satu sumber belajar saja yaitu buku paket yang disediakan pemerintah sehingga pengetahuan peserta didik terhadap keterampilan menulis terbatas. Oleh karena itu pemanfaatan berbagai sumber belajar seperti modul dapat menjadi salah satu upaya pemecahan masalah belajar tentang menulis yang dialami peserta didik. Tempat bersejarah adalah salah satu cagar budaya yang menyimpan banyak ilmu pengetahuan, namun peserta didik masa kini enggan mengenal tempat bersejarah dan lebih tertarik dengan tempat-tempat yang menurut mereka dapat menunjang popularitas mereka di dunia maya, sehingga muatan tempat bersejarah dalam modul dapat memperkenalkan peserta didik pada tempat bersejarah. Tujuan dalam penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan kebutuhan peserta didik dan pendidik terhadap modul pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi dengan muatan tempat bersejarah di Semarang untuk peserta didik kelas VII SMP, (2) menjelaskan prinsip pengembangan modul pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi dengan muatan tempat bersejarah di Semarang untuk peserta didik kelas VII SMP, (3) mendesain prototipe modul pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi dengan muatan tempat bersejarah di Semarang untuk kelas VII SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) yang dilakukan dalam lima tahap penelitian yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, dan revisi dan perbaikan desain. Sumber data penelitian ini adalah peserta didik kelas VII D SMP N 11 Semarang dan kelas VII E SMP N 1 Sumowono dan pendidik Bahasa Indonesia dari SMP N 11 Semarang dan SMP N 1 Sumowono. Sumber data validasi prototipe modul menulis teks laporan hasil observasi dengan muatan tempat bersejarah di Semarang adalah dosen ahli dari Universitas Negeri Semarang. Berdasarkan analisis terhadap kebutuhan modul menulis teks laporan hasil observasi, peserta didik dan pendidik membutuhkan modul yang ditulis dengan lengkap dan mudah dipahami oleh peserta didik. Selain itu peserta didik dan pendidik menginginkan modul yang di desain menarik dengan contoh yang beragam dan disertai latihan atau penugasan baik individu maupun kelompok. Prototipe modul dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip pengembangan modul terdiri atas empat aspek, yaitu (1) isi/materi, (2) penyajian, (3) bahasa, dan (4) grafika. Prinsip yang diterapkan pada aspek isi/materi yaitu kebaruan, kesesuaian, dan keterkaitan. Prinsip yang diterapkan pada aspek penyajian yaitu keruntutan, kebaruan, dan kemenarikan. Prinsip yang diterakan dalam pengembangan modul aspek bahasa yaitu aspek kemudahan, kesesuaian, kebakuan dan kekomunikatifan. Pada aspek grafika modul menulis teks laporan hasil observasi dengan muatan tempat bersejarah di Semarang disusun sesuai prinsip kesesuaian, kemenarikan, dan kekonsistenan. Modul menulis teks laporan hasil observasi dengan muatan tempat bersejarah di Semarang untuk peserta didik kelas VII SMP berisi materi pengertian teks laporan hasil observasi, kebahasaan teks laporan hasil observasi, menyajikan rangkuman teks laporan hasil observasi, dan menulis teks laporan hasil observasi. Seluruh materi disusun menjadi dua kegiatan belajar. Terdapat tugas kelompok, tugas, mandiri, rangkuman, serta evaluasi di setiap kegiatan belajar. Bentuk modul menulis teks laporan hasil observasi ini dikemas dengan ukuran berukuran B5 (17,6 x 25 cm) dengan ukuran huruf 12. Mengacu pada hasil penelitian, peneliti menyarankan agar dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi tidak hanya menggunakan satu sumber belajar saja tetapi bisa menggunakan sumber belajar yang lain seperti modul. Selain itu, perlu diadakan penelitian lebih lanjut untuk produk hasil penelitian pengembangan modul menulis teks laporan hasil observasi dengan muatan tempat bersejarah di Semarang untuk peserta didik kelas VII SMP untuk melengkapi kekurangan pada modul tersebut.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | menulis teks laporan hasil observasi, modul, tempat bersejarah |
Subjects: | P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian > Writing > writing skills |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 17 Dec 2020 01:16 |
Last Modified: | 17 Dec 2020 01:17 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/42090 |
Actions (login required)
View Item |