KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CORE BERBANTUAN VIDEO LEARNING DENGAN STRATEGI SCAVENGER HUNT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA


Azizah Galuh Puspasari, 4101415120 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CORE BERBANTUAN VIDEO LEARNING DENGAN STRATEGI SCAVENGER HUNT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CORE BERBANTUAN VIDEO LEARNING DENGAN STRATEGI SCAVENGER HUNT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN CORE BERBANTUAN VIDEO LEARNING DENGAN STRATEGI SCAVENGER HUNT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA) - Published Version
Download (9MB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis siswa bertujuan agar siswa dapat mengemukakan ide cerita dengan cara mengomunikasikan pengetahuan matematika yang dimiliki, baik secara lisan maupun tulisan. Tetapi, kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII di SMP N 3 Ungaran belum memenuhi indikator yang diharapkan. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti menggunakan model CORE berbantuan video learning strategi scavenger hunt untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terkait keefektifan model pembelajaran CORE berbantuan video learning strategi scavenger hunt terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian mixed methods jenis sequential explanatory. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 3 Ungaran. Pengambilan sampel untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol dipilih dengan teknik simple random sampling dan subjek yang akan dideskripsikan kemampuan komunikasi matematisnya dipilih dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni tes dan wawancara. Analisis data tes akhir kemampuan komunikasi matematis menggunakan uji normalitas, uji kesamaan varians, uji rata-rata pihak kanan, uji ketuntasan kemampuan komunikasi matematis, uji perbedaan rata-rata, uji t dan uji gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) rata-rata nilai kemampuan komunikasi matematis siswa pada model CORE berbantuan video learning strategi scavenger hunt mencapai kemampuan komunikasi matematis dengan kategori tinggi; (2) rata-rata kemampuan komunikasi matematika pada CORE berbantuan video learning strategi scavenger hunt lebih baik dari kelas dengan pembelajaran konvensional; (3) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa pada model CORE berbantuan video learning strategi scavenger hunt lebih tinggi dari kelas pembelajaran konvensional. Hasil penelitian ini dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran matematika dan penelitian selanjutnya perlu dievaluasi serta dilakukan dengan mengungkap kemampuan matematika lainnya sesuai NCTM. Pengajar diharapkan dapat menyediakan soal pengayaan (bagi siswa kelompok komunikasi tinggi), soal pendalaman (bagi siswa kelompok komunikasi sedang), dan soal perbaikan (bagi siswa kelompok matematis rendah).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan komunikasi matematis, CORE, Video Learning, Scavenger Hunt.
Subjects: L Education > Special Education > Mathematics Education
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 13 Nov 2020 01:48
Last Modified: 13 Nov 2020 01:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41389

Actions (login required)

View Item View Item