KEMAMPUAN MENULIS MATEMATIS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN STRATEGI THINK TALK WRITE (TTW) DITINJAU DARI SELF-ESTEEM PADA SISWA SMP


Anisah, 4101414097 (2020) KEMAMPUAN MENULIS MATEMATIS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN STRATEGI THINK TALK WRITE (TTW) DITINJAU DARI SELF-ESTEEM PADA SISWA SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEMAMPUAN MENULIS MATEMATIS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN STRATEGI THINK TALK WRITE (TTW) DITINJAU DARI SELF-ESTEEM PADA SISWA SMP]
Preview
PDF (KEMAMPUAN MENULIS MATEMATIS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN STRATEGI THINK TALK WRITE (TTW) DITINJAU DARI SELF-ESTEEM PADA SISWA SMP) - Published Version
Download (18MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji model pembelajaran kooperatif dengan strategi Think Talk Write (TTW) efektif terhadap kemampuan menulis matematis dan untuk menganalisis kemampuan menulis matematis siswa pada materi luas permukaan bangun ruang sisi datar kelas VIII ditinjau dari self-esteem tinggi dan self-esteem rendah pada pembelajaran kooperatif dengan strategi Think Talk Write (TTW). Penelitian ini merupakan penelitian Mix Methode. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jeruklegi Cilacap sebanyak 256 siswa. Pemilihan sampel kuantitatif pada penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling diperoleh dua kelompok sampel yaitu kelas VIIIG sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIIIF sebagai kelompok kontrol. Pemilihan subjek kualitatif pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling terpilih 6 siswa kelas VIIIG SMP Negeri 1 Jeruklegi Cilacap. Pemilihan subjek penelitian ini didasari berdasarkan tingkat self-esteem rendah dan self-esteem tinggi. Kemudian dilakukan wawancara dengan masing-masing 3 siswa dari siswa dengan tingkat self-esteem rendah dan 3 siswa dari siswa dengan tingkat self-esteem tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif dengan strategi Think Talk Write (TTW) efektif terhadap kemampuan menulis matematis siswa. Hasil ini ditunjukkan dengan (1) kemampuan menulis matematis siswa mencapai ketuntasan klasikal berdasarkan KKM yaitu banyak siswa yang memperoleh nilai ≥ 71 mencapai lebih dari 75% dan (2) kemampuan menulis matematis siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan strategi Think Talk Write (TTW) lebih baik daripada kemampuan menulis matematis siswa menggunakan model pembelajaran discovery learning. Siswa dengan tingkat self-esteem rendah secara umum mempunyai kemampuan menulis matematis dengan kriteria rendah pada aspek written text dan drawing dan sedang pada aspek mathematical expression, sedangkan siswa dengan tingkat self-esteem tinggi mempunyai kemampuan menulis matematis dengan kriteria tinggi pada semua aspek.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan menulis matematis, pembelajaran kooperatif, strategi think talk write, self-esteem
Subjects: L Education > Special Education > Mathematics Education
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 13 Nov 2020 01:40
Last Modified: 13 Nov 2020 01:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41386

Actions (login required)

View Item View Item