PENGARUH DIMENSI FRAUD PENTAGON DAN RELIGIUSITAS TERHADAP KECURANGAN AKADEMIK PESERTA DIDIK PERBANKAN SYARIAH SMK IHSANIYAH TEGAL


Nurdian Rahmayanti, 7101413323 (2020) PENGARUH DIMENSI FRAUD PENTAGON DAN RELIGIUSITAS TERHADAP KECURANGAN AKADEMIK PESERTA DIDIK PERBANKAN SYARIAH SMK IHSANIYAH TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101413323.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kecurangan akademik adalah perilaku atau upaya peserta didik yang sengaja dilakukan dengan cara tidak jujur untuk mendapatkan prestasi akademik. Berdasarkan observasi awal ditemukan adanya masalah kecurangan akademik pada peserta didik kelas X, XI, dan XII Perbankan Syariah di SMK Ihsaniyah Tegal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh dimensi fraud pentagon dan religiusitas terhadap kecurangan akademik. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X, XI, dan XII Perbankan Syariah di SMK Ihsaniyah Tegal sejumlah 120 responden. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sampel jenuh. Metode pengumpulan data dengan menggunakan angket (kuesioner). Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS 19.0. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa secara simultan tekanan akademik, kesempatan, rasionalisasi, kemampuan, etika pribadi, dan religiusitas berpengaruh terhadap perilaku kecurangan akademik peserta didik Perbankan Syariah di SMK Ihsaniyah Tegal. Secara simultan tekanan, kesempatan, rasionalisasi, kemampuan, etika pribadi, dan religiusitas berpengaruh dan signifikan terhadap kecurangan akademik sebesar 53,9% sedangkan 46,1% variasi variabel kecurangan akademik dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Secara parsial tekanan akademik berpengaruh sebesar 15,29%, kesempatan berpengaruh sebesar 5%, rasionalisasi dan kemampuan tidak berpengaruh terhadap kecurangan akademik, etika pribadi berpengaruh sebesar 7,45%, dan religiusitas berpengaruh sebesar 6,35%. Saran yang dapat diberikan bagi sekolah diharapkan dapat membentuk karakter dan akhlak mulia peserta didiknya, memperketat pengawasan dan peraturan. Bagi peserta didik diharapkan menerapkan sikap jujur dalam berbagai hal termasuk dalam mengerjakan tugas dan ujian. Peserta didik juga diharapkan meningkatkan rasa kepercayaan diri atas kemampuan dan hasil yang diperolehnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kecurangan Akademik, Tekanan, Kesempatan, Rasionalisasi, Kemampuan, Etika Pribadi, dan Religiusitas
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > Socio-economic
L Education > Educational Institutions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 12 Nov 2020 06:58
Last Modified: 12 Nov 2020 07:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41361

Actions (login required)

View Item View Item