KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VII PADA PEMBELAJARAN LAPS-HEURISTIK DITINJAU DARI KEAKTIFAN SISWA


Maya Aulia Larasati, 4101416036 (2020) KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VII PADA PEMBELAJARAN LAPS-HEURISTIK DITINJAU DARI KEAKTIFAN SISWA. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 4101416036.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (11MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pembelajaran dengan model LAPS-Heuristik terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, pengaruh keaktifan siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa, dan kemampuan berpikir kreatif siswa ditinjau dari keaktifan siswa. Metode penelitian ini adalah mixed method menggunakan desain penelitian Sequential Explanatory Strategy dengan bentuk desain Posttest-Only Control Group Design. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, angket, dan wawancara. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII A - VII H SMP Negeri 24 Semarang tahun pelajaran 2019/2020, secara teknik random sampling terpilih dua kelas yaitu siswa kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII A sebagai kelas kontrol. Terdapat 6 subjek kualitatif dalam penelitian ini yaitu 2 siswa dengan keaktifan tinggi, 2 siswa dengan keaktifan sedang, dan 2 siswa dengan keaktifan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran dengan model LAPSHeuristik efektif terhadap kemampuan berfikir kreatif matematis, meliputi: (i) kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran dengan model LAPSHeuristik mencapai ketuntasan individual dan klasikal; (ii) kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran dengan model LAPS-Heuristik lebih baik daripada kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran PBL; dan (iii) kemampuan berpikir kreatif siswa kelompok keaktifan tinggi lebih baik daripada kemampuan berpikir kreatif siswa kelompok keaktifan siswa sedang dan rendah; (2) terdapat pengaruh keaktifan siswa terhadap kemampuan berfikir kreatif matematis pada pembelajaran dengan model LAPS-Heuristik; dan (3) kemampuan berfikir kreatif matematis siswa kelompok keaktifan tinggi lebih baik daripada kemampuan berfikir kreatif matematis siswa kelompok keaktifan sedang dan rendah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, LAPS-Heuristik, Keaktifan
Subjects: L Education > L Education (General) > learning activity
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 12 Nov 2020 06:43
Last Modified: 12 Nov 2020 06:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41357

Actions (login required)

View Item View Item