Pengaruh Pendekatan CTL Berbasis SETS terhadap Pemahaman Konsep dan Karakter Siswa


Maretha Fitria, - and Woro Sumarni, MIPA Pendidikan Kimia and Indah Urwatin Wusqo, - (2016) Pengaruh Pendekatan CTL Berbasis SETS terhadap Pemahaman Konsep dan Karakter Siswa. Unnes Science Education Journal, 5 (2). pp. 1298-1307. ISSN ISSN 2252-6617

[thumbnail of Turnitin Pengaruh Pendekatan CTL Berbasis SETS terhadap Pemahaman Konsep dan Karakter Siswa.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Review Pengaruh Pendekatan CTL Berbasis SETS terhadap Pemahaman Konsep dan Karakter Siswa.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (347kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan CTL berbasis SETS terhadap pemahaman konsep dan karakter siswa. Desain dari penelitian ini adalah quasi experiment, nonequivalent control group design. Sampel diambil secara pusposive sampling dan didapatkan kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII H sebagai kelas kontrol. Data penelitian ini adalah data nilai posttest dan data observasi karakter siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kelas eksperimen adalah 79,67 dan kelas kontrol 74,38. Hasil analisis korelasi biserial 0,417 dan koefisien determinasi 17%. Berdasarkan observasi, hasil analisis korelasi spearman adalah 0,51 untuk karakter jujur, 0,49 untuk toleransi, 0,55 disiplin, 0,58 rasa ingin tahu, dan 0,73 untuk karakter peduli lin gkungan. Hasil koefisien determinasi adalah 26% untuk kerakter jujur, toleransi 24%, disiplin 30%, rasa ingin tahu 34%, dan peduli lingkungan 53%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning (CTL); concept comprehension; character of students; science environment technology and society (SETS)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Character Building
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 12 Nov 2020 00:47
Last Modified: 12 Nov 2020 00:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41294

Actions (login required)

View Item View Item