KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS VII PADA MODEL PEMBELAJARAN ARIAS DITINJAU DARI SELF-RENEWAL CAPACITY


Nurul Afifatul Ula, 4101416065 (2020) KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS VII PADA MODEL PEMBELAJARAN ARIAS DITINJAU DARI SELF-RENEWAL CAPACITY. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 4101416065.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (21MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran ARIAS terhadap kemampuan representasi matematis, dan mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa ditinjau dari SelfRenewal Capacity. Penelitian ini menggunakan mixed methods dengan populasi siswa kelas VII SMP Negeri 40 Semarang tahun pelajaran 2019/2020. Sampel diambil dengan teknik acak kelas dan diperoleh kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Pengambilan subjek menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh 9 subjek dimana subjek yang dipilih berdasarkan kategori SRC siswa. Data penelitian diperoleh melalui tes, skala psikologi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran ARIAS efektif terhadap kemampuan representasi matematis siswa; (2) subjek dengan self-renewal capacity tinggi, subjek S-01, S-02, S-03 mampu memenuhi ketiga indikator kemampuan representasi matematis dengan baik; subjek dengan self-renewal capacity sedang, subjek S-04, S-05 mampu memenuhi ketiga indikator kemampuan representasi matematis dengan baik, subjek S-06 kurang mampu menuliskan langkah-langkah penyelesaian masalah matematis dengan kata-kata; subjek dengan self-renewal capacity rendah, subjek S-07 kurang mampu membuat persamaan atau model matematis dari representasi lain yang diberikan dan menuliskan langkah-langkah penyelesaian masalah matematis dengan kata-kata, subjek S-08, S-09 tidak mampu membuat persamaan atau model matematis dari representasi lain yang diberikan dan menuliskan langkah-langkah penyelesaian masalah matematis dengan kata-kata

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Representasi Matematis, ARIAS, Self-Renewal Capacity (SRC).
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 10 Nov 2020 02:02
Last Modified: 10 Nov 2020 02:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41199

Actions (login required)

View Item View Item