ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN SELF CONFIDENCE MELALUI PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DAN PEMBELAJARAN MANDIRI BERBANTUAN MODUL


NUR MALIYA, 0401516024 (2018) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN SELF CONFIDENCE MELALUI PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DAN PEMBELAJARAN MANDIRI BERBANTUAN MODUL. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN SELF CONFIDENCE MELALUI PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING  DAN PEMBELAJARAN MANDIRI BERBANTUAN MODUL]
Preview
PDF (ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN SELF CONFIDENCE MELALUI PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DAN PEMBELAJARAN MANDIRI BERBANTUAN MODUL) - Submitted Version
Download (738kB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Maliya., Nur. 2018.”Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Self Confidence Melalui Pembelajaran Creative Problem Solving dan Pembelajaran Mandiri Berbantuan Modul”. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika. Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: I. Dr. Isnarto, M.Si, Pembimbing II: Prof. YL. Sukestiyarno, M.S, Ph.D. Kata kunci: kemampuan pemecahan masalah, Self Confidence, pembelajaran Creative Problem Solving, pembelajaran mandiri, modul. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika materi Geometri kelas VIII dalam kehidupan sehari-hari dipengaruhi oleh self confidence siswa. Tujuan penelitian ini yaitu, (1) mendiskripsikan kualitas pembelajaran Creative Problem Solving, (2) mendiskripsikan kemampuan pemecahan masalah berdasarkan Self Confidence pada pembelajaran Creative Problem Solving dan pembelajaran mandiri berbantuan modul, (3) mendiskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika setelah diterapkan pembelajaran Creative Problem Solving dan pembelajaran mandiri berbantuan modul, (4) mendiskripsikan pengaruh Self Confdience siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini menggunakan metode kombinasi campuran dengan model concurrent embedded atau campuran tidak berimbang yaitu metode penelitian kualitatif dan kuantatif dengan cara mencampur kedua metode tersebut secara tidak berimbang. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 2 Pecangaan pada siswa kelas VIII dengan mengambil tiga kelas, yaitu dua kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Analisis data yang dilakukan uji normalitas, homogenitas, uji ketuntasan dan proporsi, uji regresi, uji Anova dan uji Gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran memperoleh hasil cukup valid, pelaksanaan pembelajaran berkategori baik, dan rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah siswa pada kedua kelas mencapai KKM dan proporsi siswa yang tuntas KKM mencapai 75%. Siswa dengan Self Confidence tinggi kemampuan pemecahan masalah matematika sudah sangat baik dalam menyelesaikan soal dengan langkah-langkah yang benar, siswa dengan Self Confidence sedang kemampuan pemecahan masalah matematika sudah cukup baik dalam menyelesaikan soal, siswa dengan Self Confidence rendah kemampuan pemecahan masalah matematika masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal dengan langkah penyelesaian yang benar. Kemampuan pemecahan masalah setelah diterapkan pembelajaran Creative Problem Solving dan pembelajaran mandiri berbantuan modul mengalami peningkatan sebesar 94,5%, dan 97,2 %. Terdapat pengaruh Self Confidence terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada kedua kelas sebesar 4,7% dan 4,9%.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: kemampuan pemecahan masalah, Self Confidence, pembelajaran Creative Problem Solving, pembelajaran mandiri, modul.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Teaching Materials
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 05 Nov 2020 04:39
Last Modified: 05 Nov 2020 04:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41077

Actions (login required)

View Item View Item