KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK PADA PEMBELAJARAN MANDIRI DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERNUANSA BUDAYA MELAYU KEPULAUAN RIAU BERBASIS MODUL


SILVI PRISHA BAHRI, 0401516053 (2018) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK PADA PEMBELAJARAN MANDIRI DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERNUANSA BUDAYA MELAYU KEPULAUAN RIAU BERBASIS MODUL. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK PADA PEMBELAJARAN MANDIRI DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERNUANSA BUDAYA MELAYU KEPULAUAN RIAU BERBASIS MODUL]
Preview
PDF (KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK PADA PEMBELAJARAN MANDIRI DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERNUANSA BUDAYA MELAYU KEPULAUAN RIAU BERBASIS MODUL) - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Bahri, S.P. 2018. “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik pada Pembelajaran Mandiri dan Model Problem Based Learning Bernuansa Budaya Melayu Kepulauan Riau Berbasis Modul”. Tesis. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Zaenuri, S.E., M.Si, Akt., Pembimbing II Prof. YI Sukestiyarno, M.S, Ph.D. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Pembelajaran mandiri, Problem Based Learning, Cinta Budaya. Tujuan dari penelitian adalah 1) Menguji keefektifan pembelajaran mandiri dan model Problem Based Learningbernuansa budaya melayu Kepulauan Riau berbasis modul dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi segiempat 2) Menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematika dengan pembelajaran mandiri danProblem Based Learningbernuansa budaya melayu Kepulauan Riau berbasis modul dengan pengembangan karakter cinta budaya loka Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan metode kombinasi atau mixed methods. Hasil analisis kualitatif digunakan sebagai pendukung hasil penelitian kuantitatif. Penelitian dilakukan di SMPN 1 Bintan dan SMPN 2 Bintan tahun ajaran 2017/2018 yang keduanya merupakan kelas eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII, kemudian dipilih secara acak menggunakan teknik random sampling dipilih kelas VIIH dari SMPN 1 Bintan sebagai kelas E1 dan kelas VIIE dari SMPN 2 Bintan sebagai kelas E2. Subjek penelitian kualitatif ini terdiri 6 subjek dari kedua kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan hasil tes, Angket dan wawancara. Analisis data kuantitatif menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji ketuntasan, uji t-paired dan uji perbedaan rata-rata, sedangkan data kualitatif dianalisis menggunakan tahap reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan 1) Pembelajaran mandiri dan model Problem Based Learning bernuansa budaya melayu Kepulauan Riau berbasis modul efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah yang ditandai dengan: (a) kemampuan pemecahan masalah siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal secara klasikal. (b)Rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan dengan pembelajaran mandiri dan PBL berbantuan modul etnomatematika bernuansa budaya melayu melebihi KKM yang diberikan. (c) Tidak ada perbedaan rata-rata antara siswa yang diajarkan dengan pendampingan dan model PBL bernuansa budaya melayu. (d) Terjadi peningkatan pada kemampuan pemecahan masalah dan rasa cinta budaya lokal siswa sesudah pembelajaran; 2) Terjadi peningkatan pada karakter cinta budaya yang mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada siswa dengan pembelajaran mandiri. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa siswa telah mampu dalam belajar secara mandiri. Guru diharapkan dapat memberikan kepercayaan dan keleluasaan agar siswa dapat mngembangkan ilmu pengetahuannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Pembelajaran mandiri, Problem Based Learning, Cinta Budaya.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Problem Based Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 05 Nov 2020 04:35
Last Modified: 05 Nov 2020 04:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41076

Actions (login required)

View Item View Item