PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL GENERATIVE LEARNING BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATERI GEOMETRI KELAS VIII


RITA RAHAYU, 0401509016 (2018) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL GENERATIVE LEARNING BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATERI GEOMETRI KELAS VIII. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL GENERATIVE LEARNING BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATERI GEOMETRI KELAS VIII]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL GENERATIVE LEARNING BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATERI GEOMETRI KELAS VIII) - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Rahayu, Rita, 2018, Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Model Generative Learning Bermuatan Pendidikan Karakter Berbantuan Media Pembelajaran Interaktif Materi Geometri Kelas VIII. Tesis Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Unnes. Pembimbing I. Dr. Masrukan, M. Si., Pembimbing II. Dr. Sugianto, M. Si. Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Generative Learning, Pendidikan Karakter, Media Pembelajaran Interaktif. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan model generative learning bermuatan pendidikan karakter berbantuan media pembelajaran interaktif pada materi Geometri kelas VIII yang valid, efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep, dan mendiskripsikan karakteristik pengembangan perangkat pembelajarannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model 4-D dari Thiagarajan, yang terdiri dari tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, penyebaran. Dalam penelitian ini hanya sampai tahap ketiga. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah Silabus, Media Pembelajaran Interaktif (MPI), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan Tes Prestasi Belajar (TPB). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan metode tes, dokumentasi, dan observasi. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil validasi Silabus, MPI, RPP, LKPD, dan TPB semua memenuhi kriteria valid. Pembelajaran yang efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep ditandai dengan (1) ketuntasan belajar secara klasikal, yaitu peserta didik pada kelas yang diajarkan dengan model generative learning bermuatan pendidikan karakter berbantuan media pembelajaran interaktif dengan proporsi peserta didik mencapai nilai lebih dari sama dengan 75 sudah mencapai 80%, (2) sikap serta keaktifan peserta didik berpengaruh positif terhadap prestasi belajar, dan (3) prestasi belajar peserta didik pada kelas yang diajarkan dengan model generative learning bermuatan pendidikan karakter berbantuan media pembelajaran interaktif lebih baik dibandingkan kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Karakteristik yang dikembangkan menggunakan pembelajaran matematika model generative learning bermuatan pendidikan karakter berbantuan media pembelajaran interaktif yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar aspek kemampuan pemahaman konsep pada materi geometri, dengan langkah-langkah kegiatan pembelajaran menggunakan sintaks pembelajaran model generative learning, yaitu (1) pendahuluan atau eksplorasi, (2) pemfokusan, (3) tantangan, (4) aplikasi atau penerapan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Generative Learning, Pendidikan Karakter, Media Pembelajaran Interaktif.
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Character Building
L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 05 Nov 2020 04:22
Last Modified: 05 Nov 2020 04:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41072

Actions (login required)

View Item View Item