KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KECEMASAN MATEMATIKA PADA PEMBELAJARAN CONNECTED MATHEMATICS PROJECT BERBASIS QUANTUM LEARNING


MILNA WAFIRAH, 0401516068 (2018) KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KECEMASAN MATEMATIKA PADA PEMBELAJARAN CONNECTED MATHEMATICS PROJECT BERBASIS QUANTUM LEARNING. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KECEMASAN MATEMATIKA PADA PEMBELAJARAN CONNECTED MATHEMATICS PROJECT BERBASIS QUANTUM LEARNING]
Preview
PDF (KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KECEMASAN MATEMATIKA PADA PEMBELAJARAN CONNECTED MATHEMATICS PROJECT BERBASIS QUANTUM LEARNING) - Submitted Version
Download (809kB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Wafirah, Milna. 2018. “Kemampuan Penalaran Matematis dan Kecemasan Matematika pada Pembelajaran Connected Mathematics Project Berbasis Quantum Learning”. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. St. Budi Waluya, M.Si., Pembimbing II Dr. Tri Sri Noor Asih, S.Si., M.Si. Kata Kunci: Kemampuan Penalaran Matematis, Kecemasan Matematika, Connected Mathematics Project, Quantum Learning. Kemampuan penalaran matematis merupakan kemampuan yang penting untuk dikembangkan. Kecemasan matematika menjadi faktor yang memengaruhi kemampuan penalaran matematis. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kualitas pembelajaran Connected Mathematics Project berbasis Quantum Learning di dalam kelas dan (2) mengetahui deskripsi hubungan penalaran matematis dan kecemasan matematika dengan pembelajaran Connected Mathematics Project berbasis Quantum Learning. Penelitian ini adalah penelitian mix method dengan desain concurrent embedded. Sampel penelitian ini adalah kelas VII B dan kelas VIIC SMPN 2 Salam tahun ajaran 2017/2018 dengan salah satu sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Subyek penelitian dipilih berdasarkan kategori kecemasan matematika pada kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, observasi, tes, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran Connected Mathematics Project berbasis Quantum Learning berkualitas terhadap kemampuan penalaran matmatis siswa, dan (2) siswa dengan kategori kecemasan rendah dapat mencapai keenam indikator penalaran matematis; siswa dengan kategori kecemasan sedang dapat memenuhi tiga indikator penalaran matematis; dan siswa dengan kategori kecemasan tinggi dapat memenuhi dua indikator penalaran matematis. Berdasarkan hasil penelitian disarankan guru perlu memperhatikan kategori kecemasan siswa dalam pembelajaran matematika. Siswa dengan kategori kecemasan tinggi hendaknya diberi motivasi yang lebih agar dapat maksimal dalam menalar soal yang diberikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kemampuan Penalaran Matematis, Kecemasan Matematika, Connected Mathematics Project, Quantum Learning.
Subjects: L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 05 Nov 2020 04:08
Last Modified: 05 Nov 2020 04:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41066

Actions (login required)

View Item View Item