PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GELOMBANG BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PERFORMANCE SISWA


Muh. Syukri Ahsani, 0403515014 (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GELOMBANG BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PERFORMANCE SISWA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GELOMBANG BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PERFORMANCE SISWA]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GELOMBANG BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PERFORMANCE SISWA)
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Ahsani, Muh Syukri. 2019. “Pengembangan Bahan Ajar Gelombang Berbantuan Media Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Performance Siswa”. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Agus Yulianto, M.Si., Pembimbing II Prof. Dr. Sarwi, M.Si. Kata kunci : bahan ajar, pemecahan masalah, performance siswa Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan performance siswa. Bahan ajar dibuat berbantuan media interaktif dengan materi pokok gelombang bunyi mata pelajaran fisika untuk kelas XII. Penelitian ini merupakan penelitian R & D dengan desain menurut Borg meliputi: analisis kebutuhan, perencanaan dan pengembangan produk, pengembangan produk, evaluasi produk, dan produk akhir. Bahan ajar yang dikembangkan telah diimplementasikan pada 64 siswa kelas XII SMA Negeri 5 Semarang. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian lembar validasi bahan ajar kepada guru senior. Data kemampuan pemecahan masalah siswa diperoleh dari hasil pretes dan postes sedangkan performance siswa dilihat dari observasi kegiatan praktikum di laboratorium. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar hasil pengembangan dinyatakan layak berdasarkan penilaian ahli. Implementasi bahan ajar dalam pembelajaran fisika pada materi gelombang bunyi terbukti mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Performance siswa dalam kegiatan praktikum di laboratorium juga meningkat.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : bahan ajar, pemecahan masalah, performance siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > Laboratory Facilities
L Education > LB Theory and practice of education > Teaching Materials
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 05 Nov 2020 03:26
Last Modified: 05 Nov 2020 03:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41051

Actions (login required)

View Item View Item